Telkom bawa "Batik Gobang" Go Global

09:00:16 | 19 Mar 2018
Telkom bawa
Proses pembuatan Batik Gobang.(ist)

JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berhasil membawa salah astu mitranya yang berada di bawah naungan Rumah Kreatif BUMN (RKB), Ethys Mayoshi, Go Global dengan produk "Batik Gobang.

Batik Betawi yang unik dan menarik hasil karya Ethys Mayoshi ini sempat menarik perhatian  pengunjung Pameran Telkom Craft Indonesia tahun 2017 lalu.

Batik Betawi dikenal dengan ciri khasnya yang unik. Sementara Batik Gobang memiliki motif dan warna yang relatif lebih gelap atau biasa disebut motif klasik. Batik Gobang akan kembali hadir lagi di ajang Telkom Craft Indonesia tahun 2018 pada 22-25 Maret 2018.

“Di Jakarta banyak batik. Masing-masing punya ciri khas. Saya sendiri tergerak mengangkat salah-satu khasanah kebudayaan Betawi dan peninggalan nenek moyang tersebut," kata Ethys belum lama ini.

Menurutnya, semenjak menjadi mitra binaan Telkom, Batik Gobang semakin mampu mengembangkan sayapnya melalui berbagai akses pameran. “Sejak bergabung dengan Telkom pada tahun 2011, usaha saya lebih berkembang. Saya diberi akses pameran oleh Telkom, baik dalam dan luar negeri, mulai dari pameran lokal di Indonesia hingga pameran di tingkat Asia dan Eropa. Wawasan dan networking saya pun semakin terbuka lebar,” ujar Ethys.

Berkat keikutsertaannya dalam pameran itu, Batik Gobang mulai diminati  dan diekspor ke mancanegara, antara lain  ke Malaysia, Philipina  dan Lebanon

Tak hanya itu, selain membuka kesempatan mengikuti berbagai pameran, Telkom juga memberikan pemahaman dan pelatihan mengenai pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku usaha, termasuk akses pemasaran digital dan transaksi digital.

Diungkapkannya, pameran Telkom Craft Indonesia tahun lalu merupakan salah satu momen yang mengesankan bagi Batik Gobang.

Telkom bawa

Ethys Mayoshi

“Telkom Craft Indonesia 2017 merupakan pameran kerajinan bernuansa digital pertama yang diikuti Batik Gobang. Keikutsertaan di Telkom Craft Indonesia 2017 merupakan pengalaman baru bagi kami para entrepreneur Indonesia sebagai exhibitor, dan tentunya bagi para pengunjung pameran, karena Telkom Craft memanfaatkan teknologi digital dalam transaksinya, yaitu menggunakan TCASH Telkomsel dan penjualan online di blanja.com,” tutur Ethys.

Ditambahkannya, dengan telah terdaftarnya Batik Gobang di situs blanja.com, diharapkan produknya dapat lebih mudah dijangkau.

“Terdaftarnya produk-produk Batik Gobang di blanja.com akan memudahkan kami dalam memperluas pasar. Saat ini kita tidak mungkin mengabaikan pemasaran digital. Melalui internet, setidaknya orang menjadi tahu apa itu Batik Gobang. Dengan terdaftarnya produk Batik Gobang di blanja.com, ke depannya kami berharap calon pembeli dari berbagai tempat, baik dalam dan luar negeri, akan lebih mudah membeli produk kami,” pungkasnya.(ad)

telkom DBS / liputan khusus
Baca Juga:
telkom DBS / liputan khusus
telkom DBS / liputan khusus
More Stories
telkom DBS / liputan khusus
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

telkom DBS / liputan khusus