RKB bantu perdagangan di Tarakan

10:08:43 | 19 Dec 2017
RKB bantu perdagangan di Tarakan
Perayaan setahun RKB Tarakan (ist)

JAKARTA (IndoTelko) - Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang didirikan Telkom berhasil meningkatkan perdagangan dari pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Tarakan.

"RKB di satu tahunnya ini sudah sangat membantu Pemkot Tarakan mendukung visi dan misi Kota Tarakan dalam hal perdagangan," ungkap Asisten 2 Walikota bidang Ekonomi dan pembangunan Tarakan Ir. H. Jamaluddin M.Si, dalam sambutannya memperingati kehadiran setahun RKB Tarakan, kemarin.

PIC RKB Tarakan Ahmad Syukri menyampaikan terima kasih banyak kepada UKM yang selama ini bekerja sama dengan RKB Tarakan, "Kedepannya akan kita buat kemajuan-kemajuan lainnya untuk UKM Tarakan," katanya.

Koordinator RKB Telkom Sabri Rasyid mengatakan dalam setiap pengelolaan RKB BUMN, UMKM akan melalui 3 tahap mulai dari Go Modern, Go Digital, dan Go Online.

Go Modern dimulai dari bimbingan registrasi di situs www.rkb.id, standarisasi produk, serta pelatihan pengelolaan branding. Setelah itu, pelaku UMKM masuk ke tahap Go Digital untuk mendapatkan pelatihan implementasi apps digital, social media dan otomatisasi produk.

Tahapan terakhir adalah Go Online dimana para pelaku UMKM mendapatkan pelatihan mengenai pembuatan website, listing di situs e-commerce Blanja.com, serta pelatihan marketing dan motivasi tentang bagaimana tumbuh dan menginspirasi UMKM lainnya.

"Pendirian dan pengelolaan RKB oleh BUMN merupakan salah satu wujud sinergi BUMN untuk menggali potensi UMKM Indonesia sebagai salah satu penggerak perekonomian nasional. RKB juga merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementrian BUMN sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Melalui RKB, diharapkan para pelaku UMKM di Indonesia dapat semakin berkualitas serta memiliki akses di kancah global," katanya.(ad)

telkom DBS / liputan khusus
Baca Juga:
telkom DBS / liputan khusus
telkom DBS / liputan khusus
More Stories
telkom DBS / liputan khusus
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

telkom DBS / liputan khusus