blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

XL akan tawarkan layanan triple play di 2018

16:03:02 | 02 Feb 2018
XL akan tawarkan layanan triple play di 2018
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT XL Axiata Tbk (XL) mengaku tengah bersiap menawarkan layanan triple play pada kuartal kedua 2018.

Triple play adalah layanan berbasis Fiber To The Home (FTTH) yang menawarkan koneksi internet dengan fixed braodband, telepon rumah, dan siaran TV kabel.

"Kami akan masuk ke triple play karena di seluler kan pasar sudah saturasi. Kita harus mencari pasar baru untuk pertumbuhan. Triple play potensi permintaannya tinggi di Indonesia," ungkap Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini, di Jakarta, Jumat (2/2).

Dian memperkirakan layanan triple play itu akan bisa diberikan ke masyarakat pada kuartal kedua 2018. "Saat ini kami sedang diskusi dengan mitra. Kita harus datang dengan model bisnis yang berbeda dari selama ini agar bisa kompetitif di triple play. Salah satu isu yang dibahas terkait infrastruktur FTTH dan kontennya," katanya.

Dian mengungkapkan, kemungkinan untuk merealisasikan layanan triple play akan melakukan aksi korporasi anorganik. "Kita bisa akuisisi atau buat perusahaan patungan dengan pemain TV kabel yang main internet juga. Pokoknya gak mungkin semua sendiri, bisa telat masuk pasar," katanya.

Asal tahu saja, XL sempat melirik  sebagian saham milik PT Link Net Tbk (LINK) jika pemegang sahamnya, PT First Media Tbk (KBLV) melepasnya 2015 lalu. Namun, kesepakatan diantara kedua belah pihak tak terwujud. (Baca: XL home broadband)

XL juga memiliki hubungan baik dengan MNC Grup dalam co-branding produk modem dengan layanan TV berbayar. (Baca: XL dan Link Net)

Telin
Kala ditebak mitra yang akan diajak nantinya adalah MNC Grup mengingat ada layanan TV Kabel dan internet MNC Play di konglomerasi milik Hary Tanoesoedibjo itu, Dian mengelak. (Baca: XL dan MNC)

"Jangan tebak-tebakan. Ini gede loh investasinya. Kita perkirakan lima tahun butuh US$ 500 juta guna membesarkan triple play, skema pendanaan masih dikaji. Kalau untuk initial stage kita sudah sisihkan sebagian dari belanja modal tahun ini yang Rp 7 triliun," pungkasnya.(dn)

Tcash Merdeka
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma
IOT
Kerjasama CSI