telkomsel halo
finnet KTM

Menkominfo: Telkomsel Sudah Turunkan Tarif Internet di Indonesia Timur

12:12:35 | 23 Sep 2015
Menkominfo: Telkomsel Sudah Turunkan Tarif Internet di Indonesia Timur
Ilustrasi (dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku sudah mendapatkan laporan dari Telkomsel terkait penurunan tarif internet di kawasan Indonesia Timur.

"Saya sudah dapat laporan dari Telkomsel terkait permintaan masyarakat di Indonesia Timur yang meminta operator itu menurunkan tarifnya di kawasan tersebut. Per 13 Septemeber 2015, Telkomsel sudah menurunkan paket datanya. Silahkan cek ke Telkomsel juga, bener atau tidak," ungkap Pria yang akrab disapa RA itu, Rabu (23/9).

Diungkapkannya, jika selama ini Telkomsel memberikan disparitas tarif data antara Indonesia bagian barat dan timur nyaris dua kali lipat, sekarang perbedaan dipangkas hingga 60%.

"Kemarin bedanya 1:2, misal Rp 1 di barat, maka Rp 2 di timur. Nah, sekarang itu menjadi, misal Rp 100 di barat, di timur Rp 160. Turun 20% paket datanya," kalkukasinya.

Diakuinya, penurunan tidak drastis karena struktur biaya menyelenggarakan internet di Indonesia timur lebih mahal ketimbang barat karena kondisi geografis dan ketersediaan backbone. "Nanti, kalau 2018 mungkin saja bisa setara tarif antara Timur dan Barat Indonesia seandainya proyek Palapa Ring kelar," tutupnya.

Sebelumnya, regulator meminta Telkomsel untuk memangkas disparitas tarif internet antara Indonesia bagian barat dan timur guna memberikan rasa keadilan bagi konsumen.

Mencuatnya kasus kesenjangan tarif oleh Telkomsel tak bisa dilepaskan dari keluarnya sebuah petisi online di dunia maya bertajuk "Internet Untuk Rakyat: Save @Telkomsel @KemenBUMN @kemkominfo"

Dalam petisi yang sudah ditandatangani ribuan pendukung itu dinyatakan konsep penetapan tarif 12 zona wilayah untuk paket data dari Telkomsel menimbulkan perbedaan harga antara zona 1 dan zona 12 mencapai 100%. (Baca juga: Tarif Telkomsel kemahalan)

Contohnya, paket data 2GB di zona 1 hanya Rp 65 ribu sementara di zona 12 harganya Rp 120 ribu. Zona 12 adalah kawasan Indonesia Timur dalam wilayah operasional Telkomsel.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma