blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Lelang jasa konsultan pendampingan proyek satelit HTS senilai Rp 10 miliar

11:18:04 | 02 Jan 2018
Lelang jasa konsultan pendampingan proyek satelit HTS senilai Rp 10 miliar
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka lelang untuk pengadaan Jasa Konsultan Teknis Pendampingan Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Satelit Multifungsi Pemerintah.

Satelit yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) itu memiliki nilai investasi sebesar Rp. 7,778 triliun dengan masa konsesi 15 tahun. (Baca: Proyek satelit HTS)

Sementara dari pengumuman LPSE Kominfo terungkap Panitia Pengadaan Jasa Konsultan Teknis Pendampingan Proyek KPBU Satelit Multifungsi Pemerintah pada Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) mengundang Badan Hukum Nasional dan Asing untuk mengikuti prakualifikasi Pengadaan Jasa Konsultan Teknis Pendampingan Jasa Konsultan KPBU Satelit Multifungsi Pemerintah (Jasa Konsultan”) dengan nilai proyek sekitar Rp 10 miliar.

Pengumuman lelang Jasa Konsultan Pendampingan ini dilakukan pada 28 Desember 2017 dan dibuka untuk 7 peserta.

Ruang lingkup Jasa Konsultan meliputi:

Tahap 1: Menyiapkan kajian teknis yang menjadi bagian dari kajian akhir prastudi kelayakan yang komprehensif untuk Proyek Satelit Multifungsi, yang antara lain terdiri dari kajian supply & demand atas satelit, space segment, ground segment, spektrum frekuensi dan slot orbit, peluncuran, gateway/hub, tingkat kualitas layanan, serta dampak sosial dan lingkungan.

Tahap 2: Memberikan masukan terkait aspek teknis dalam rangka memperoleh persetujuan-persetujuan dari para pemangku kepentingan yang diperlukan bagi Proyek Satelit Multifungsi seperti, namun tidak terbatas pada, jaminan pemerintah dan skema pembayaran ketersediaan layanan.

Tahap 3: Mendampingi PJPK dalam proses transaksi Proyek Satelit Multifungsi yaitu pengadaan badan usaha yang meliputi tahap pra-kualifikasi, pemilihan, evaluasi, dan penandatanganan PKS.

Persyaratan peserta pengadaan Jasa konsultan adalah sebagai berikut:

Badan Usaha / KSO memiliki pengalaman pada pekerjaan penyusunan Kajian Kelayakan Teknis Proyek High Throughput Satellite di tingkat internasional.

Badan Usaha / KSO memiliki pengalaman pada pekerjaan Pengadaan Proyek Satelit di tingkat Internasional.

Badan Usaha / KSO melampirkan Surat Penyataan bahwa apabila terpilih sebagai Konsultan Teknis Pendampingan Proyek KPBU Satelit Multifungsi Pemerintah, Badan Usaha / KSO dan afiliasinya tidak akan menjadi peserta Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU Satelit Multifungsi Pemerintah.

Badan Usaha Asing dapat menjadi peserta dengan cara melakukan kerja sama usaha dengan perusahaan nasional dalam bentuk kemitraan, subKontrak dan lain-lain;

Saat ini lelang memasuki tahapan Prakualifikasi, dengan jadwal pemasukan dokumen prakulifikasi adalah dari tanggal 3 Januari 2018 sampai dengan 17 Januari 2018.

Sebelumnya, Kominfo pernah mengumumkan melelang  pengadaan jasa konsultansi implementasi penyediaan satelit multifungsi pada 20 Maret 2017 lalu.

Dalam pengumuman itu disebutkan nilai pagu proyek untuk jasa konsultansi senilai Rp 24,986.995.000, sementara nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) sebesar Rp 24.904.495.000.

Kominfo sudah melakukan Pre Market Sounding (Pre MS) untuk pengadaan satelit multifungsi pada Desember 2017. (Baca: Proyek konsultan satelit)

Lelang rencananya akan dilakukan pada kuartal kedua 2018, finansial close di kuartal pertama atau kedua 2019, pembuatan satelit kuartal kedua 2019 hingga kuartal keempat 2021. Akhir 2021 satelit akan mengangkasa dengan menawarkan akses internet 10-30 Mbps.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma