telkomsel halo
finnet KTM

Kominfo akan gelar NEXTICORN International Convention di Bali

10:34:13 | 08 Okt 2018
Kominfo akan gelar NEXTICORN International Convention di Bali
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menggelar  NEXTICORN (Next Indonesian Unicorns) International Convention: Digital Paradise Weekend di Bali.

Mengutip data dari LPSE Kominfo, Ditjen Aplikasi Informatika telah selesai menggelar tender untuk mencari penyelenggara ajang tersebut dengan pemenang adalah PT. Adcom Cipta Media.

Perusahaan ini menyisihkan 32 peserta dengan penawaran Rp2,964 miliar, dibawah nilai pagu Rp3 miliar atau nilai pagu Rp2,993 miliar.

Menkominfo Rudiantara dalam berbagai kesempatan menyatakan The Next Indonesia Unicorn, akan diselenggarakan pada bulan Oktober di Bali.

“Ini pertama kalinya co-founder dari keempat unicorn berkumpul dalam satu waktu. Pemerintah bersama ekosistem membentuk panitia berperan sebagai perantara antara global venture capital dan national venture capital, dan local start up. Ini bukan start up biasa. Kita disupport oleh Ernst and Young. Kita menyeleksi global venture capital, bukan small venture capital, tapi big venture capital yang menaruh uangnya di Indonesia,” jelasnya.

Kominfo akan gelar NEXTICORN International Convention di Bali

Ide membuat program The Next Indonesian Unicorns sebagai upaya bersama pemerintah dan pemangku kepentingan untuk mencarikan solusi atas permasalahan pendanaan yang dialami startup digital, terutama startup yang berada di Zona Missing Middle atau Series B.

Telin
Fakta menunjukkan, pemilik startup umumnya relatif mudah dalam mendapat pendanaan di awal, yang biasa disebut Series Pre-A atau Series A, namun akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan pendanaan berikutnya dengan kisaran pendanaan diatas US$ 1 juta. Sementara di sisi lain, investor dari perusahaan pemodal ventura kerap mengalami kesulitan untuk menemukan startup yang layak untuk didanai.

Indonesia sudah memiliki empat Unicorn atau startup dengan valuasi US$1 miliar yakni GO-JEK, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia. Sedangkan total startup yang dimiliki Indonesia 1.720 startup.(ak)

Tcash Merdeka
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI