blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Kominfo: Google sudah turunkan Blued di Playstore

16:01:28 | 29 Jan 2018
Kominfo: Google sudah turunkan Blued di Playstore
Noor Iza (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan Google sebagai pemilik toko aplikasi Playstore telah menurunkan jejaring sosial berbau Lesbian, gay, bisexual, dan transgender (LGBT) yang berasal dari Tiongkok, Blued dari platformnya per 28 Januari 2018.

"Kami umumkan ke teman-teman aplikasi Blued sudah tak bisa diakses lagi jika melalui Playstore di Indonesia. Google sudah take down 3 Domain Name System (DNS) dari 3 aplikasi Blued yang di-take down untuk Indonesia," ungkap PLT Kepala Humas Kominfo Noor Iza di Jakarta, Senin (29/1).

Diungkapkannya, proses penurunan aplikasi Blued dari Playstore berdasarkan pengumpulan bukti dari Kominfo terkait adanya konten-konten yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial budaya di Indonesia di aplikasi itu yang meresahkan masyarakat.

"Kita kumpulkan bukti sesuai dengan aturan main di Google. Mereka verifikasi, lalu di-take down (Blued). Selain itu pada 25 Januari 2018 juga telah dihentikan sebanyak tiga IP address dari situs dan aplikasi Blued," katanya. (Baca: Blokir Blued)

Sayangnya, keberhasilan Kominfo dalam menurunkan Blued di Playstore tak terjadi di toko aplikasi milik Apple, App Store. Kala media menunjukkan Blued bisa diakses melalui perangkat iPhone, Noor terlihat kaget dan bingung. (Baca: LGBT di dunia maya)

"Harusnya itu gak ada lagi ya, kan sistem operasi ada dua. Seharusnya surat sudah dikirim (ke Apple). Tetapi nanti kita cek," kilahnya.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma