telkomsel halo
finnet KTM

Redmi Note 5 VS Zenfone Max Pro M1 :

Fitur nyaris sama, harga dan performa sedikit beda

07:28:00 | 23 Nov 2018
Fitur nyaris sama, harga dan performa sedikit beda
Penampakan kedua Smartphone (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Industri perponselan di Tanah Air tak pernah habis dengan produk-produk anyarnya.  Nyaris setiap bulan, ada saja smartphone yang meluncur ke pasar.

Berbagai strategi pun dijalankan untuk terus berada di track persaingan dan tentunya ukuran keberhasilannya di angka penjualan.  Ini pula yang dilakukan Xiaomi dan Asus dalam mengisi pasar Smartphone kelas menangah ke bawah.

Kedua pabrikan asal Tiongkok ini sama-sama meluncurkan ponsel dengan fitur dan teknologi yang nyaris sama.  Uniknya keduanya masuk pasar dalam waktu yang juga hampir bersamaan. Seri Redmi Note 5 dan Zenfone Max Pro M1.  Dan yang lebih unik adalah banderol keduanya terjadi perbedaan yang lumayan.  

Yuk simak perbedaan dan persamaan kedua smartphone ini kala dibandingkan :

TAMPILAN dan BODY

Tak ada yang istimewa dari keduanya.  Sama-sama tampil sebagai ponsel flagship nan percaya diri. Dibekali layar 5,99 inci, resolusinya Full HD+ yakni 2160 x 1080 piksel, menggunakan teknologi IPS dengan rasio 18:9 sehingga nyaris semua bagian mukanya tampil sebagai layar full.

Di bagian belakang, kedua ponsel ini sama-sama menyematkan sensor sidik jari di bagian tengah atas.  Identitas merek pabrikannya juga diletakkan di belakang.  Asus persis berada di bawah sensor sidik jari, sementara Xiaomi di tengah bagian bawah.

Dimensi keduanya setali tiga uang.  Zenfone Max Pro M1 berdimensi 159 x 76 x 8,64, sedang  Redmi Note 5 berukuran 158,60 x 75,40 x 8,05 mm. Saat di genggam, terasa Zenfone M1lebih kokoh dalam genggaman.  Mungkin lantaran Asus punya bobot sedikit lebih berat dari Redmi Note 5.

Fitur nyaris sama, harga dan performa sedikit beda

KAMERA

Xiaomi Redmi Note 5 berbekal dua kamera belakang dengan besaran 12 Mp dan 5 Mp.  Keduanya di apit lampu penerang tambahan alias flash.  Sementara kamera di bagian depan bersesolusi 13 Mp.  

Ketebalan kamera belakangnya terlihat akan mengganggu. Kala kita meletakkan ponsel di atas meja, terasa ada sesuatu yang mengganjal.  Saat di lapisi dengan case terbuat dari karet lumayan sedikit mengatasi, meski masih nampak menonjol dan mengganjal.  

Sedangkan Zenfone Max Pro M1 juga berbekal dua kamera dibagian belakang yang masing-masing berkekuatan 16 MP dan 5 MP (untuk varian RAM 6 GB) dan 13 MP + 5 MP (untuk varian RAM 3 GB atau 4 GB).  Pun kamera depannya terbagi dua pilihan.  Resolusi 16 MP untuk varian RAM 6 GB serta resolusi 8 MP untuk varian RAM 3 GB atau 4 GB.

Fitur nyaris sama, harga dan performa sedikit beda

Secara umum kemampuan kamera kedua ponsel ini sama-sama baik dan sangat bisa diandalkan untuk merekam momen-momen penting.

HASIL FOTO

Xiaomi Redmi Note 5

Fitur nyaris sama, harga dan performa sedikit bedaFitur nyaris sama, harga dan performa sedikit bedaFitur nyaris sama, harga dan performa sedikit bedaFitur nyaris sama, harga dan performa sedikit beda

Asus Zenfone Max Pro M1

Fitur nyaris sama, harga dan performa sedikit beda

Fitur nyaris sama, harga dan performa sedikit beda

Fitur nyaris sama, harga dan performa sedikit beda

Fitur nyaris sama, harga dan performa sedikit beda

JEROAN

Satu lagi bicara kesamaan kedua smartphone ini, adalah jeroan. Keduanya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 636 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz, hemat baterai tapi tetap gahar.

Ketersediaan produk yang terlihat ada perbedaan. Adalah Zenfone Max Pro M1 yang menawarkan pilihan varian RAM 3 GB + ROM 32 GB, RAM 4 GB + ROM 64 GB, dan RAM 6 GB + ROM 64 GB.  Sedangkan Redmi Note 5 hanya tersedia dalam varian RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB. 

Kedua smartphone ini sama-sama dapat ditambahkan microSD apabila penyimpanan internalnya dirasa kurang. Bisa dibilang keduanya sama-sama bersaing dalam hal performa, namun Zenfone Max Pro M1 menang dalam hal varian RAM 6 GB.

Nah saat redaksi IndoTelko melakukan pengujian performa dan kegaharannya kala digunakan bermain game PUBG, Zenfone Max Pro M1 setingkat lebih baik ketimbang Redmi Note 5.  Max Pro M1 sudah mendukung Frame Rate di opsi High untuk menampilkan game secara lebih smooth.  

Fitur nyaris sama, harga dan performa sedikit beda

BATERAI

Dari berbegai persamaan di jeroan dan hardware lainnya, yang sangat menonjol dan kentara adalah kapasitas baterai yang digunakan. Zenfone Max Pro M1 berbekal baterai 5000 mAh, sedang Redmi Note 5 hanya 4000 mAh.  Dalam pengujian, proses pengisian baterai Asus Zenfone Max Pro M1 lebih cepat ketimbang Redmi Note 5, namun daya tahan Asus jauh lebih lama dibanding Redmi Note 5.

LAIN-LAIN

Beberapa fitur yang tak kalah penting adalah dukungan dual simcard, dengan aringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, port microUSB, port jack audio, Face Unlock, plus sensor jari.  

Sistem operasi yang digunakan oleh Zenfone Max Pro M1 adalah Android 8.1 Oreo murni.  Sedang Xiaomi Redmi Note 5 menggunakan MIUI 9 dengan Android 7.1.2 Nougat.

Fitur nyaris sama, harga dan performa sedikit beda

PERFORMA

Bicara performa dan daya kerja kedua smartphone ini, secara kasat mata sama.  Tidak ada kendala kala keduanya kami uji coba selama 1 bulan penuh.  Xiaomi Redmi Note 5 dan Asus Zenfone Max Pro M1 sangat andal. 

Dari hasil uji coba yang kami lakukan, Zenfone Max Pro M1 setingkat lebih baik.  Hal ini terlihat dari performanya kala digunakan untuk bermain game, daya tahan baterainya yang lebih lama, dan pilihan varian ponselnya yang beragam.

HARGA

Xiaomi Redmi Note 5

3GB+32GB     : Rp2.499.000

4GB+64GB     : Rp2.999.000

Asus ZenFone Max Pro M1

3GB/32GB      : Rp2.299.000

4GB/64GB      : Rp2.799.000 

6GB/64GB      : Rp3.299.000 

 

 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma