blanja.com
telkomsel halo

Huawei Nova 2i : Empat kamera dan full view display jadi andalan

10:57:02 | 03 Jan 2018
Huawei Nova 2i : Empat kamera dan full view display jadi andalan
Huawei Nova 2i (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Huawei menunjukkan keseriusannya untuk mengisi kebutuhan pasar smartphone di Tanah Air.  Terbukti awal November tahun lalu, pabrikan asal Tiongkok satu ini memperkenalkan seri anyarnya ke pasar dengan label Nova 2i. Bahkan Dalam peluncuran perdananya beberapa waktu lalu, Huawei menggandeng Nikita Willy sebagai brand ambassadornya.

Smartphone paling anyar sebagai penutup tahun 2017 ini tampil sangat komplet bahkan dibuat sempurna oleh pabrikannya.  Boleh dibilang seri Nova 2i tampil beda dengan ponsel cerdas sekelasnya yang lebih dulu beredar.  Dua fitur andalannya yakni kamera ganda di depan dan belakang ponsel dengan total empat kamera dalam satu ponsel.  Selain itu, kehadiran 4 kamera tersebut makin sempurna dengan tampilan layar yang full body alias nyaris seluruh body ponsel bagian mukanya berupa layar. 

Dibandrol dengan harga 4 jutaan, Huawei sanggup bersaing dengan ponsel sejenis di kelas nya bahkan setingkat di atasnya.  Harga dan fiturnya, sanggup diadu dengan ponsel berharga sama meski kelasnya berada di atas nova 2i ini.  Pabrikannya menyuguhkan pilihan warna hitam dan emas. Yuk simak kinerjanya :

TAMPILAN

Secara kasat mata, Nova 2i tampil biasa saja ala smartphone kebanyakan. Berbobot 164 gram termasuk di atas rata-rata berat sebuah ponsel cerdas.  Dimensinya yang sebesar 156,2 mm x 75,2 mm x 7,5 mm tergolong standar ala-ala smartphone berbasis Android pada umumnya.  Pun desainnya yang juga uni body, baterai tak bisa dilepas saat hendak menyelipkan sim card atau pun memori card.   

Huawei Nova 2i

BODY

Seperti biasanya, Huawei tidak malu-malu melekatkan merek HUAWEI di bagian bawah body, tepat di bawah layar.  Dengan format tulisan kapital, merek ini tampil percaya diri.  Di bagian atas terdapat dua kamera, speaker, dan sensor dengan indikator lampu.  Di bagian belakang juga tersusun dua kamera yang saling tindih atas dan bawah.  Posisi kamera di belakang ini di apit oleh lampu flash di bagian atasnya dan sensor sidik jari di bagian paling bawah.  Juga merek Huawei di bagian bawah tak ketinggalan ditonjolkan.

Huawei Nova 2i

TOMBOL

Hanya ada dua tombol di ponsel ini.  Keduanya terletak di bagian samping kanan body ponsel.  Layaknya ponsel cerdas pada umumnya.  Dua tombol tersebut masing-masing berfungsi sebagai tombol power on/off dan tombol pengatur volume.  Di luar itu, Huawei Nova 2i ini hanya menyediakan tombol sentuh yang terletak di bawah layar.  Ada tiga tombol sentuh dengan fungsi masing-masing, yakni tombol back, home, dan tombol untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan.

Huawei Nova 2i

LAYAR

Ini salah satu fitur andalan Nova 2i.  Layar yang benar-benar full body.  Pabrikannya mengklaim bahwa Nova 2i tidak sama dengan ponsel kebanyakan yang beredar di pasar.  Dan klaim ini terbukti.  Layar dengan besaran 5,9 inci mampu memberikan tampilan yang berbeda.  Resolusi tampilan FHD+ dan rasio 18:9 membuat tampilan gambar dan video enak di lihat dan ditonton.  Biar layarnya full body, tidak pula mengganggu saat ponsel dalam genggaman.

Ponsel ini punya kemampuan multitouch.  Kita bisa mengakses 10 titik secara bersamaan di layarnya yang lebar.  Dengan tambahan fitur split-screen, Nova 2i memungkinkan kita bisa melakukan berbagai aktivitas dengan menjalankan dua aplikasi sekaligus.  Misalkan saja memutar video di Youtube dan berkirim pesan di sosmed. 

Huawei Nova 2i

JEROAN dan OTAK

Sedari awal Huawei sangat pede dengan ponsel ini.  Makin mendalami Nova 2i, kepedean Huawei makin kentara dengan penggunaan prosesor milik sendiri bertenaga empat otak alias octa core Huawei Kirin 659 berkonfigurasi yang terdiri dari 4-core Cortex A53 2.36 GHz dan 4-core Cortex A53 berkecepatan 1.7 GHz.   Huawei juga membenamkan RAM sebesar 4 Gb dengan memori penampung data hingga 64 Gb dan slot memori card micro SD hingga 256 Gb bersistem hybrid.

Huawei Nova 2i 

SLOT SIMCARD

Slot simcard yang sekaligus sebagai slot micro SD terletak di sebelah kiri body ponsel.  Untuk menyelipkan simcard, kita mesti menggunakan klip alias simcard ejector.  Tersedia dua slot sim 1 dan sim 2.  Sayangnya Nova 2i ini mengadopsi slot dual sim hybrid.  Konsekuensinya,  bila kita menggunakan slot kedua untuk microSD, maka fasilitas slot sebagai sim 2 tidak bisa difungsikan. 

Huawei Nova 2i

KAMERA

Ini fitur andalan kedua Nova 2i yang jadi andalan Huawei.  Kamera ganda depan dan belakang.  Total 4 kamera yang dimiliki ponsel ini.  Efek bokeh merupakan fitur hiburan tambahan pada empat kameranya.  Kita bisa merekam gambar dengan detil di bagian depan dan blur di bagian belakangnya. 

Dua kamera di bagian depan terdiri dari 13 MP dan 2 MP, kita akan merasakan pengalaman berselfie dengan hasil bak di studi foto.  Tambahan Toning Flash akan membantu kita dalam mengatur pencahayaan dan kecerahan agar tak berlebihan.  Sedangkan kamera di bagian belakang punya kekuatan 16 MP dan 2 MP tanpa fitur Toning Flash.

Menjalankan fitur kamera, baik untuk memotret atau pun merekam momen via video recordernya berjalan baik.  Saat diuji coba, kualitas gambar bila diambil menggunakan kamera depan terutama dalam kondisi minim cahaya terasa lebih jernih.  Boleh jadi karena dukungan toning flash yang tersemat di fitur kameranya.

Huawei Nova 2i

INTERNET

Layar luas menambah kenyamanan kala berselancar ke dunia maya.  Koneksi internet via jaringan 4G dari operator yang kita gunakan menambah lengkap kemampuan ponsel ini.  Pun koneksi nirkabelnya via WiFi, sangat bisa diandalkan kala terdapat hotspot penyedia koneksi internet.  Dukungan prosesor 4 otak dan RAM 4 Gb menambah daya gedor saat keluar masuk situs kesayangan termasuk memutar video via youtube. 

Huawei Nova 2i

SCREEN CAPTURE

Nova 2i satu ini punya keunikan tersendiri bila digunakan untuk merekam layar.  Selain standar perekam layar alias screen capture dengan menekan secara bersamaan tombol on/off + tombol penurun volume, juga bisa dilakukan dengan melakukan ketukan dua kali sebagaimana kita mengetuk pintu.  Nah kita juga bisa merakam gambar yang tampil di layar secara keseluruhan.  Misalkan merekam tampulan situs web hingga batas paling bawah.  Cukup lakukan dua kali ketukan dan menuliskan huruf S dengan ujung punggung jari untuk mengetuk tadi tanpa ada jeda melapas ketukan. 

Huawei Nova 2i

BATERAI

Bicara baterai, Huawei Nova 2i ini dibekali tenaga baterai sebesar 3340 mAh.  Saat baterai terisi penuh, ponsel mampu bertahan non stop dalam modus siaga hingga 2 hari lebih.  Namun saat digunakan secara maksimal, misalkan untuk mendengarkan musik atau menonton video, baterai hanya bertahan di kisaran 5 jam-an.

Huawei Nova 2i

PERFORMA

Kinerja Huawei Nova 2i secara keseluruhan sangat baik.  Tak ada kendala yang berarti dalam mengoperasikan semua menunya.  Kinerja kameranya juga bekerja sesuai harapan.  Termasuk merekam gambar dengan videonya, tak ada kendala dan hasilnya tergolong sangat baik.

Juga fungsi fitur-fitur jejaring sosial dan internetnya.  Semuanya bekerja sesuai harapan. Baik dengan jalur 4G lewat simcard yang terselip di slotnya, atau menggunakan WiFi, sama sekali tak ada kendala.  Pun fungsinya untuk bertelepon, berjalan baik dan jernih saat menelepon dan juga ditelepon.

SPESIFIKASI :

JARINGAN GSM/HSPA/LTE
DIMENSI/BOBOT 156,2 mm x 75,2 mm x 7,5 mm/164 gram
LAYAR 5,9" IPS FHD + 
  5,9 ", 18:9 ratio
OS  ANDROID NOUGAT
Prosesor Huawei Kirin 659
  Cortex A53 2.36 GHz dan 4-core Cortex A53
KAMERA UTAMA : 16 MP dan 2 MP

KEDUA : 13 MP dan 2 MP, Plus Toning Flash

FITUR LAIN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, MP3/WAV/eAAC+ playerMP4/H.264 playerDocument viewerPhoto/video editor, dll
BATERAI Non-removable Li-Ion 3340 mAh battery
telkom xsight
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma