blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera ganda, baterai tahan lama

08:38:00 | 15 May 2018
Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera ganda, baterai tahan lama
Penampakan Asus Zenfone Max Pro M1 (foto : Tono)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Akhir April lalu kembali Asus meluncurkan serial smartphone anyarnya ke pasar.  Diberi label sebagai seri Asus Zenfone Max Pro M1, ponsel cerdas ini punya seabrek fitur andalan.  Sebut saja layar luas sebesar 6 inci full display, baterai yang tahan lama dengan bekal 5000 mAh, serta kamera  ganda lengkap dengan flash.

Jeroan dan mesin yang digunakan pun tidak main-main. Asus membenamkan prosesor Qualcomm Snapdragon 636 yang punya performa mumpuni dan dianggap sangat efisien kinerjanya.

Pihak pabrikannya membagi varian ini dengan tiga tipe dan harga.  Seri dengan Ram 3 Gb dan memori 32 Gb dibandrol dnegan harga 2,3 jutaan.  Seri dengan Ram 4 Gb dan memori 64 Gb berharga 2,8 jutaan, serta Zenfone Max Pro M1 dengan Ram 6 Gb dan memori 64 Gb dipatok bandrol harga 3,3 jutaan.

Penasaran seperti apa dan bagaimana kinerja Smartphone ini, Tim IndoTelko berkesempatan menguji ponsel ini dan menemani perjalanan uji jaringan di kawasan Lombok dan sekitarnya.  

Kebetulan ponsel yang masuk ke meja redaksi adalah tipe Asus Zenfone Max Pro M1 (ZB602KL) dengan Ram 3 Gb dan memori 32 Gb warna hitam. 

TAMPILAN

Dari tampilannya, tidak ada yang istimewa pada Asus satu ini.  Tampilan unibody ala smartphone pada umumnya.  Berbahan metal dan sedikit lebih berat membuatnya nyaman ketika kita menggenggam nya. Dalam paket penjualannya kita akan mendapatkan charger lengkap, soft case/cover berbahan karet sebagai pengaman ponsel, klip pembuka slot simcard, kartu garansi, dan manual book. 

Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera ganda, baterai tahan lama

BODY

Body nya sangat kokoh.  Material yang digunakan berbahan metal dengan layar 6 inci namun bodinya tetap menggunakan bodi ponsel cerdas 5,5 inci. Berukuran 159 x 76 x 8,5 mm dengan bobot 180 gram tergolong standar untuk ukuran dan bobot sebuah smartphone.

Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera ganda, baterai tahan lama

TOMBOL

Asus Zenfone Max Pro M1 ini punya tampilan dan tombol yang sama dengan ponsel cerdas lainnya. Di bagian kanan layar hape terdapat tombol power dan pengatur volume.  Sedangkan di bagian kiri layarnya terdapat slot simcard sekaligus slot micro SD yang dibuka menggunakan klip. Sedangkan tombol untuk mengoperasikan ponsel ini masih mengandalkan tombol sentuh di bagian bawah layar.

Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera ganda, baterai tahan lama

LAYAR

Ponsel ini mengusung layar berukuran 6 inci tapi tetap menggunakan bodi smartphone ukuran 5,5 inci. Dengan rasio layar 18:9 terasa lebih lebar dan luas.  Beresolusi 2160 x 1080 piksel alias Full HD+ membuat penggunakan bakalan puas terutama saat bermain game. Saat digunakan bermain game, terasa nyaman dan membuat betah berlama-lama menatap layarnya.

Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera ganda, baterai tahan lama

JEROAN

Asus satu ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 636 octa-core 1,8GHz.  Pihak asus pun membagi 3 varian terkait jeroan ini. Seri dengan Ram 3 Gb dan memori 32, seri dengan  Ram 4 Gb dan memori 64 Gb, dan Zenfone Max Pro M1 dengan Ram 6 Gb dan memori 64 Gb.

Asus Zenfone Max Pro M1 ini menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo.  Tampilan antar muka alias user interface nya asli milik Oreo.  Asus tidak membenamkan user interface Zen UI.  Sekali sapu, maka seluruh aplikasi yang ada di ponsel ini muncul berurutan memanjang ke bawah.

Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera ganda, baterai tahan lama

SLOT SIMCARD

Slot simcard berada di sebelah kiri. Kita membukanya mesti menggunakan klip yang sudah tersedia dalam paket penjualannya. Di dalam slot tersebut tidak hanya simcard yang bisa diselipkan.  Kita juga bisa menyelipkan memori berjenis micro SD dan dua simcard sekaligus.

Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera ganda, baterai tahan lama

KAMERA

Seperti tiga varian dari sisi Ram dan memory, Asus juga membagi 3 varian kualitas kamera yang dibenamkan di ponsel ini.  Meski variannya berbeda-beda, namun ketiganya punya kesamaan. Sama-sama berkamera ganda.  

Beberapa varian kamera Asus ini terdiri dari kualitas 13 MP plus 5 MP, dan kualitas 16 MP plis 5 MP.  Begitu pula kualitas kamera bagian depan, juga ada beberapa varian, 8 MP dan 16 MP.  Sedangkan yang kami uji adalah kamera utama 13 MP f/2.2 dan kamera kedua 5 MP. Sedangkan kamera di bagian depan berkualitas 8 MP f/2.2. 

Urusan kamera, vendor produsennya membekali berbagai fitur pendukung antara lain : Depth Effect yang punya kemampuan untuk menciptakan efek bokeh.  Selain itu ada mode HDR, Sports, Flowers, dan lain sebagainya.  Pun fitur bokeh, juga telah disematkan di kamera bagian depannya. 

Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera ganda, baterai tahan lama

INTERNET

Jalur koneksi ke internet, Asus ini dibekali koneksi wireless via Wi Fi dan jalur seluler.  Dua slot simcard -dan satu slot micro SD- disediakan pabrikannya sebagaimana ponsel cerdas pada umumnya.  Keluar masuk berbagai situs ternama lewat browser bawaannya chrome browser sangat lancar.  Koneksi menggunakan jalur seluler atau pun Wi Fi tidak ada masalah dan kendala berarti.  Kita juga bisa berbagi akses data dengan mengaktifkan fitur hotspot portablenya.   

Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera ganda, baterai tahan lama

BATERAI

Sebagai fitur dan teknologi andalan, baterai yang dibenamkan di Asus ZenFone Max Pro M1 ini tergolong besar.  Kapasitas 5000 mAh plus prosesor Snapdragon 636 yang terkenal dengan hemat energi membuat pengguna ponsel ini tak mesti terlalu sering menambah energi baterai alias charging.

Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera ganda, baterai tahan lama

Selama pengujian sejak baterai diisi penuh dengan penggunaan wajar, Asus Zenfone Max Pro M1 bisa bertahan aktif selama lebih dari 2 hari.  

Secara umum hasil pengujian dan penelusuran fitur dan teknologi ponsel ini, kami menyimpulkan bahwa seri Asus Zenfone Max Pro M1 layak dipilih.  Setidaknya dengan harga bandrol mulai 2,2 jutaan dengan fitur kelas atas, tergolong murah dan layak beli dibanding ponsel di kelasnya dengan harga yang sama.  (sg)

Telin
SPESIFIKASI    :    

Layar FullView IPS 6 inci 18:9 Full HD+
Dimensi 159 x 76 x 8,45 mm (berat 180 gram)
OS Android 8.1 Oreo (murni)
Prosesor Qualcomm Snapdragon 636 Kryo 260 octa-core, GPU Adreno 509
RAML PDDR4X 3GB / 4GB / 6GB
Memori internal   32 GB / 64 GB
Kamera utama 13 MP + 5 MP / 16 MP + 5 MP
Kamera depan 8 MP / 16 MP
Konektivitas 4G LTE, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 5.0, GPS, AGPS, GLO, BDS, microUSB
Fitur lain Sensori sidik jari, face recognition, dll
Baterai 5000 mAh (bertahan hingga lebih dari 2 hari pemakaian normal) 
Harga Ram 3 Gb dan memori 32 Gb Rp. 2,3 jutaan 
  Ram 4 Gb dan memori 64 Gb Rp. 2,8 jutaan
  Ram 6 Gb dan memori 64 Gb Rp. 3,3 jutaan
    

Tcash Merdeka
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma
IOT
Kerjasama CSI