telkomsel halo

Asus Zenfone 5Z : Tampil sempurna berkat AI

08:31:00 | 08 Nov 2018
Asus Zenfone 5Z : Tampil sempurna berkat AI
Asus Zenfone 5Z dan paket pembeliannya (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Asus memperkenalkan seri ZenFone 5Z (ZS620KL) pada penyelenggaraan World Congress Februari lalu.  Dan pabrikan asal Tiongkok ini secara resmi menjual ponsel berkamera ganda ini pada pertengahan Mei lalu.  

Ada dua varian yang ditawarkan yakni RAM 6 GB dengan memori 128 GB dan RAM 8GB dengan memori 256GB. Harga bandrol keduanya pun berbeda. Asus dengan RAM 6 Gb berharga 6,5 jutaan dan RAM 8 Gb dibandrol dengan harga kisaran 7,5 jutaan.

Berbagai fitur dan teknologi canggih sudah disertakan di ponsel ini.  Layar lebar dengan dapur pacu yang disuport Prosesor Snapdragon 845 milik Qualcomm dengan tambahan dukungan AI Enggine serta disandingkan dengan GPU Adreno 630.

Bagaimana kinerja ponsel ini secara keseluruhan.  Simak hasil pengujiannya di bawah ini :

DESAIN

Kelas smartphone ini bisa dikatakan sebagai ponsel premium.  Ini dilihat dari material alumonium alloy dengan lapisan kaca berjumlah 8 lapisan yang punya kemampuan mengeluarkan efek gradasi dengan pusat di lingkaran sensor sidik jari.  Kesan mewah sangat kentara pada Zenfone 5Z ini.  Jauh jika dibanding seri sebelumnya Zenfone 4.

Bobotnya seberat 165 gram dengan body yang tergolong sedang, tidak tebal dan tidak juga tipis dengan ketebalan sebesar 7,7mm.   Panjang dan lebarnya sebesar 153 mm dan 75,6 mm. Saat digenggam terasa pas dan nyaman dalam genggaman.

Asus Zenfone 5Z : Tampil sempurna berkat AI

BODY

Identitas Asus sangat kental bila melihat bagian belakang ponsel ini.  Pertama kali melihat bagian belakangnya, mata langsung tertuju pada bulatan di bagian tengah.  Ya, itu bagian penting dari sisi keamanannya, sensor sidik jari.  

Selain itu terdapat dua buah lensa kamera berikut flash.  Perlu diingat, posisi lensa kamera Asus satu ini seperti biasanya, menonjol keluar.  Artinya kita mesti ekstra hati-hati dalam merawat ponsel ini.  Ada baiknya casing pelindung karet yang ada di paket penjualannya langsung disematkan sejak Anda menggunakannya.

Masih identias ponsel-ponsel cerdas Asus pada umumnya.  Letak seluruh tombol baik pengatur volume atau pun tombol power, ada si sebelah kanan bodi ponsel.  Sementara di bagian kanan terdapat slot sim card dan memori card yang membukanya mesti menggunakan klip yang tersedia pula dalam paket penjualannya.

Asus Zenfone 5Z : Tampil sempurna berkat AI

LAYAR

Layar Asus Zenfone 5Z ini sudah aman dari baret dan goretan benda tumpul.  Pabrikannya sudah membenamkan lapisan Gorilla Glass 3 di layarnya yang berjenis IPS Full HD+ dengan resolusi 2.246 x 1.080 piksel.

Layarnya sangat tajam dan jernih.  Saat digunakan di luar ruangan atau pun di bawah terik matahari layarnya masih bisa menampilkan gambar dan foto yang sangat tajam.  

Nampaknya asus berhasil menggunakan LCD terbaiknya pada Asus Zenfone 5Z. Hal ini dibuktikan saat digunakan di luar ruangan, layar milik Asus Zenfone 5Z ini masih mampu menampilkan text, gambar atau photo dengan tingkat brighnest dan contras serta ketajaman yang baik.

Warna yang dihasilkan juga cukup natural dan tidak over saturasi. Hal ini berkat adanya color temperature sensor yang di dukung teknologi AI yang mampu memaksimalkan tampilan layar sesuai dengan kondisi cahaya sekitar dan menjadikanya nyaman dimata saat digunakan dengan kondisi cahaya yang berbeda.

Asus Zenfone 5Z : Tampil sempurna berkat AI

SLOT MEMORI 

Slot memori card dan sim card terletak di sebelah kiri badan ponsel.  Seperti ponsel pada umumnya, kita mesti menggunakan klip yang ada untuk membuka slot tersebut.

Ada dua slot yang tersedia. Slot pertama untuk sim 1 dan slot kedua untuk sim 2 dan juga tempat memori card.  Maklum, Asus masih menyematkan slot simcard hybrid di Asus Zenfone 5Z ini yang artinya kedua nya, baik sim card maupun memori card mesti bergantian untuk digunakan di slot sim 2.  

Kapasitas memori card ponsel ini hingga 2 TB, sangat besar dan boleh jadi terbesar dibanding ponsel-ponsel Asus lainnya.  Sedangkan kapasitas memori internalnya terdiri dari 128 Gb dan 256 Gb sesuai yang Anda pilih saat pertama kali membeli.

Asus Zenfone 5Z : Tampil sempurna berkat AI

DAPUR PACU

Jeroan dan dapur pacu Zenfone 5Z ini menggunakan prosesor Snapdragon 845 keluaran Qualcomm.  Didukung pula oleh AI Enggine plus GPU Adreno 630. Kebetulan seri 5Z yang kami uji coba dengan spesifikasi Ram 8 Gb dan memori 256 Gb. 

Hasil pengujian kinerja yang kami lakukan, ponsel ini punya kinerja yang baik dan cepat.  Keluar masuk berbagai situs lewat fitur browsingnya berjalan baik, menjalankan video streaming dan juga social media tidak ada kendala.

Kami pun mencoba melakukan pengukuran dengan Antutu Benchmark, skor akhir yang muncul adalah 264910 poin.  

Kinerjanya juga kami uji saat menjalankan berbagai fitur dan aplikasi.  Kemampuan multitasking nya berjalan baik dan patut di acungi dua jempol. Tidak ada kendala yang berarti kala menjalankan berbagai fiturnya.  

Asus Zenfone 5Z : Tampil sempurna berkat AI

ANTAR MUKA

Asus Zenfone 5Z ini menggunakan system operasi Android Oreo dengan tampilan antar muka ZenUI 5. Apabila Anda pengguna ponsel Asus, tampilan antar muka 5Z ini sangat kental nuansa Asus nya dan pasti familiar. 

Pun Asus sudah menyematkan fitur Selfie Master, dimana kita bisa melakukan live streaming dengan tampilan wajah yang lebih halus atau bersih.  Selain itu juga tersemat fitur ZeniMoji. Kita bisa menambahkan emoji hidup yang mampu mengikuti gerakan dan mimik wajah kita, dan saat melakukan video call pun terasa ada yang beda.

Asus Zenfone 5Z : Tampil sempurna berkat AI

KAMERA

Kamera menjadi fitur unggulan lainnya dari Zenfone 5Z ini.  Andalannya adalah sensor flagship keluaran Sony, berseri IMX363 plus tandem dengan dual image sensor 12MP dan bukaan lensa 1.8 serta lensa wide 8MP dengan bukaan 2.0.

Asus Zenfone 5Z : Tampil sempurna berkat AI

Dukungan teknologi Artificial Intelegence (AI), kemampuan kamera milik Zenfone 5Z ini sangat tajam, termasuk efek bokehnya.  Adanya teknologi ini mampu mendeteksi dan mengenali objek yang akan diambil sekaligus memaksimalkan hasil foto.

Juga kemampuan kamera depannya, dengan tenaga 8MP, punya kemampuan  menciptakan efek bokeh yang tergolong halus walaupun hanya dengan kamera/lensa tunggal. 

Asus Zenfone 5Z : Tampil sempurna berkat AI

Hasil kamera sudut lebar

BATERAI

Pabrikan Asus membekali baterai bertenaga 3300 mAh.  Termasuk biasa saja dan tidak ada yang menarik.  Hanya saja dukungan teknologi AI membuat konsumsi baterai ponsel ini tidak boros, bahkan cenderung awet.

Juga ada dukungan fast charging untuk kita yang punya kesibukan cukup padat dan tentunya butuh proses charging yang cepat.

Asus Zenfone 5Z : Tampil sempurna berkat AI

Selama pengujian, daya tahan baterai Asus Zenfone 5Z ini mencapai 12 jam dengan penggunaan normal atau biasa saja.  Kalau ingin lebih hemat dalam konsumsi baterai, Asus satu ini punya fitur PowerMAster.  Ada 4 mode pengaturan untuk menggunakan ponsel dalam waktu lebih lama.

PERFORMA

Dari pengujian yang kami lakukan, secara umum kinerja Asus Zenfone 5Z ini sangat bisa diandalkan. Kemampuan mesinnya dalam menjalankan fitur-fitur multimedia baik music, video, maupun game, tidak perlu diragukan lagi.

Termasuk kinerjanya saat terkoneksi ke jaringan internet, sama sekali tidak ada kendala.  Berselancar ke dunia maya, menjalankan fitur dan aplikasi social media berjalan baik.  

SPESIFIKASI :

Layar PS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Dimensi 153 x 75.7 x 7.9 mm (6.02 x 2.98 x 0.31 in)
OS Android 8.0 (Oreo)
Prosesor Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm), Octa-core (4x2.7 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.7 GHz Kryo 385 Silver)
RAM 256 GB, 8 GB RAM or 128 GB, 6 GB RAM or 64 GB, 4 GB RAM
Memori internal   128 GB / 256 GB
Kamera utama 12 MP, f/1.8, 24mm (wide), 1/2.55", 1.4µm, 4-axis OIS, PDAF
8 MP, f/2.0, 12mm, 1/4", 1.12µm, no AF
Kamera depan 8 MP, f/2.0, 24mm (wide), 1/4", 1.12µm
Konektivitas 4G LTE, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 5.0, GPS, AGPS, GLO, BDS, microUSB
Fitur lain Sensori sidik jari, face recognition, dll
Baterai 3300 mAh 
Harga Ram 8 Gb dan memori 256 Gb Rp. 7,5 jutaan 
  Ram 6 Gb dan memori 128 Gb Rp. 6,5 jutaan
   
   

 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI