telkomsel halo
finnet KTM

Minggu depan Huawei luncurkan Ponsel berkamera selfie sesungguhnya

15:07:00 | 23 Jul 2018
Minggu depan Huawei luncurkan Ponsel berkamera selfie sesungguhnya
Nantikan peluncuran Huawei Nova New Series (dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Huawei lagi-lagi bersiap meluncurkan ponsel cerdasnya ke pasar.  Tak tanggung-tanggung, kali ini menurut kabar yang beredar di industri ponsel Tanah Air, Huawei bakal memperkenalkan ponsel berkemampuan selfie sesungguhnya.

Saat ini kualitas kamera bagian depan berbagai ponsel cerdas mencapai 20 MP, bahkan tak sedikit yang sudah membenamkan dua kamera sekaligus. Padahal saat pengguna ponsel disodori kamera depan berkekuatan 5 MP kala itu, kebanyakan dari mereka sudah cukup puas. Apalagi digunakan hanya untuk berselfie ria atau sekedar video call.

Huawei seakan terpacu untuk terus memberikan teknologi terbaiknya untuk pengguna ponsel yang suka berselfie.  Menurut kabar yang beredar, lensa ganda di kamera depan akan ditanamkan pada smartphone Nova Series terbaru dari Huawei. 

Kolaborasi sensor lensa 24MP dan 2MP ditampilkan untuk mampu menangkap gambar sekaligus data kedalaman gambar tersebut. Sinergi kedua kamera ini menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan hasilnya bisa dicetak jadi foto seukuran 24 inci (300ppi) atau poster berukuran 98 inci (72ppi) dengan kualitas yang masih masuk akal. Hal ini dikatakan Lo Khing Seng, Deputy Director Huawei Device Indonesia.

“Performa macam ini membuat Nova Series terbaru ini bisa diadu dengan kamera DSLR. Tak heranlah kalau kita melihat makin sedikit saja kamera kompak di pasar saat ini,” jelasnya.

Menurutnya, untuk menghasilkan selfie yang luar biasa, punya kamera beresolusi tinggi saja tak cukup. Perlu ada efek beautifying. Tren beautification ini dimulai dari algoritma sederhana yang memutihkan wajah si obyek foto.

Seiring dengan perkembangan teknologi, manufaktur kemudian mengintegrasikan kemampuan artificial intelligence (AI) ke dalam kamera depan. Tapi sebagian perangkat yang sudah ada di pasar, baru bisa mencerahkan gambar dan menambahkan efek buram. Sedangkan detail macam tekstur kulit masih belum bisa diproses. 

Namun, Huawei yang banyak berinvestasi di bidang riset dan pengembangan, kini berhasil mengembangkan fitur selfie dalam smartphone buatannya. Malah ada laboratorium khusus untuk selfie.  Bahkan kabarnya, Huawei melakukan survei kepada konsumen untuk mencari tahu apa sebetulnya definisi kecantikan dan menggunakan data itu untuk meningkatkan algoritma beautification-nya sendiri. Dan hasilnya jepretan kamera Huawei jadi makin luar biasa. 

Satu lagi bocoran yang beredar, bahwa smartphone Nova Series terbaru dari Huawei bisa mengenali delapan background yang umum, yaitu Langit Biru, Pantai, Tanaman, Malam, Stage, Bunga, Indoor, dan Salju. Secara pintar, kamera pada smartphone itu bisa melakukan optimalisasi pada masing-masing background secara berbeda-beda. Ini belum dimiliki oleh perangkat ponsel lainnya. Meskipun delapan background itu sudah mendukung hampir semua kebutuhan pengguna, diyakini Huawei akan menambahkan lebih banyak lagi.  

Pun pengguna nantinya bisa mengubah penampilan hasil foto menjadi lebih cantik.  Nova series anyar ini akan membantu pengguna memenuhi hasrat itu.  Nova series akan membuat kita tampak selalu bagus kapan saja dan di mana saja. 

Yuk nantikan peluncuran Nova Series dengan kemampuan selfie-centric mendatang. Harga, fitur dan teknologi lainnya akan terjawab pada peluncurannya minggu depan.  (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma