telkomsel halo
finnet KTM

Instagram batasi perundungan

11:26:00 | 21 Okt 2018
Instagram batasi perundungan
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Instagram memperkenalkan fitur baru untuk membatasi perundungan di dunia maya.

"Tidak ada tempat untuk perundungan (bullying) di Instagram. Jika Anda menemukan perilaku dan konten yang tidak pantas di platform kami, Anda dapat melaporkannya dan kami akan menghapus konten tersebut. Akan tetapi, perundungan di dunia maya merupakan hal yang kompleks dan kami sadar bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membatasi tindakan ini dan menyebarkan lebih banyak kebaikan di Instagram," kata Head of Instagram Adam Mosseri dalam keterangan, kemarin.

Instagram meluncurkan fitur terbaru untuk membantu memerangi perilaku perundungan, termasuk cara baru untuk mengidentifikasi dan melaporkan foto-foto yang bersifat menghina.

"Selain itu, kami juga membuat sebuah efek kamera baru untuk membantu menyebar lebih banyak kebaikan di Stories. Sebagai pemimpin Instagram yang baru, saya bangga bisa mengambil bagian dalam usaha kami untuk membuat Instagram menjadi komunitas yang positif dan aman untuk pengguna," katanya.

Mendeteksi Perundungan
Meskipun sebagian besar foto yang dibagikan di Instagram bersifat positif dan membawa kebahagiaan bagi orang lain, terkadang ada pengguna yang membagikan sebuah foto yang meresahkan.

Sekarang, Instagram menggunakan sebuah teknologi mesin pembelajaran untuk secara proaktif mendeteksi perundungan di dalam foto maupun keterangannya, serta mengirimkannya ke tim operasional komunitas untuk ditinjau.

Pembaruan ini akan membantu Instagram mengidentifikasi dan menghapus konten perundungan secara signifikan.

"Ini merupakan langkah penting bagi usaha kami karena banyak pengguna yang mengalami ataupun melihat perilaku perundungan, tetapi tidak melaporkannya. Selain itu, fitur ini juga akan membantu kami melindungi pengguna yang masih muda, karena para remaja cenderung mengalami tingkat perundungan yang lebih tinggi di dunia maya. Teknologi ini diluncurkan mulai hari ini dan akan terus bergulir selama beberapa minggu mendatang," katanya.

Fitur Penyaring
Beberapa bulan lalu, Instagram memperkenalkan fitur penyaring komentar perundungan untuk secara proaktif medeteksi dan menyembunyikan komentar-komentar perundungan dari Feed, Explore, dan Profile.

"Kini kami menambahkan fitur penyaring komentar yang sama untuk Instagram Live, agar pengalaman Anda saat melakukan siaran langsung di Instagram tetap aman dan menyenangkan bersama teman-teman Anda. Fitur ini telah tersedia secara global," ulasnya.

Kamera Kebaikan
Menghentikan perundungan adalah hal yang penting, tetapi selain itu, Instagram juga harus melakukan lebih banyak hal untuk merayakan dan menginspirasi kebaikan di Instagram.

"Bersama dengan penulis buku, penari dan aktor muda, Maddie Ziegler, kami meluncurkan efek kamera kebaikan untuk terus menyebarkan hal-hal positif di Instagram. Maddie dengan tegas menentang perilaku perundungan di dunia maya, semenjak ia mengalaminya sendiri. Maddie juga merupakan salah satu dari sekian banyak orang di komunitas kami yang menggunakan Instagram untuk mepromosikan hal-hal positif," katanya.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma