telkomsel halo
finnet KTM

Tim Phinisi Voyagers sukses di ajang FIRST Tech Challenge

11:57:57 | 03 Dec 2018
Tim Phinisi Voyagers sukses di ajang FIRST Tech Challenge
Tim Phinisi Voyagers.(dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Tim Phinisi Voyagers yang beranggotakan 10 siswi Madrasah Internasional Techonatura, dan 2 siswi Al Azhar Kelapa Gading yang bertanding di Sydney, Australia untuk mengikuti lomba robotik tingkat internasional, FIRST Tech Challenge, berhasil meraih Penghargaan atas robot karya mereka.

Lomba robotik tingkat Regional FIRST Tech Challenge yang diinisiasi oleh Dean Kamen ini diselenggarakan di Macquarie University, Sydney, Australia. 

Tahun ini misi dari peserta adalah merancang, membangun, menguji, dan memprogram robot yang mensimulasikan pendaratan di bulan dengan tugas memilah mineral perak atau emas.

Lomba tahun ini diikuti peserta lebih dari 50 tim dari berbagai negara dan robot karya tim Phinisi Voyagers berhasil menempati top 25 peserta saat bertanding antar tim menyelesaikan misi Pendaratan di Bulan, dalam rangka peringatan 50 tahun pendaratan manusia di bulan tahun 2019 mendatang.

"Tim khusus yang beranggotakan semua Siswi Perempuan berhasil meraih penghargaan juri untuk kategori Site to Site Robot atas keberhasilan mereka mendesain robot dimana robot ciptaan mereka memiliki cengkraman yang mampu bergerak ke kanan kiri memilah mineral emas atau perak dalam misi di bulan sesuai perintah dari remote" kata Ketua Rombongan tim, DR Riza Wahono dalam keterangan (3/12).

Penasihat tim Sri Safitri menambahkan Tim Phinisi Voyagers berhasil menarik perhatian juri karena merupakan tim yang semua anggotanya perempuan dengan usia dibawah 15 tahun sementara peserta lainnya biasanya usia diata 15 tahun dan mayoritas laki-laki. 

"Saya berharap tim ini solid dan mampu bertanding di tingkat dunia serta membuktikan Indonesia tidak kalah dalam hal teknologi,” pungkasnya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma