telkomsel halo
finnet KTM

Telkomsat dan LAPAN akan kembangkan satelit LEO

11:57:48 | 29 Nov 2018
Telkomsat dan LAPAN akan kembangkan satelit LEO
Direktur Utama Telkomsat Tonda Priyanto dan Kepala Pusteksat LAPAN Mujtahid.(ist)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko)- Telkomsat menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk kerjasama di bidang pengembangan dan pemanfaatan teknologi satelit. 

Dalam keterangannya (28/11), dinyatakan kerjasama tersebut meliputi pengembangan untuk kajian satelit di orbit rendah atau yang lebih dikenal dengan satelit LEO (Low Earth Orbit) equator. 

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kontrak antara Direktur Utama Telkomsat Tonda Priyanto dan Kepala Pusteksat LAPAN Mujtahid. 

Keterlibatan tenaga LAPAN ini memiliki keuntungan bagi kedua belah pihak, diantaranya pertukaran ilmu teknologi dan pengalaman di bidang satelit, serta meningkatkan kepercayaan pasar terhadap kemampuan dan kehandalan operasi pengendalian satelit Telkomsat.

Kerjasama kedua instansi ini diharapkan mampu memberikan nilai yang lebih baik untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Asal tahu saja, satelit orbit bumi rendah atau LEO) adalah tiap satelit yang melaju di lingkaran orbit bumi rendah. Waktu orbit satelit LEO adalah kurang dari 24 jam sehingga pada ketinggian 1000 km mereka dapat mengitari bumi hanya dalam 90 menit. Permintaan satelit LEO diprediksi akan meningkat seiring adopsi Internet of Things (IoT).(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma