blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Tahap I Palapa Ring Barat akan selesai Oktober mendatang

10:53:10 | 03 Aug 2017
Tahap I Palapa Ring Barat akan selesai Oktober mendatang
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) –  PT Palapa Ring Barat memperkirakan segmen pertama dari rute Palapa Ring barat akan bisa beroperasi pada Oktober mendatang.

“Rencananya pada 10 Agustus besok akan mulai gelar kabel untuk segmen pertama ini. Rutenya Batam-Tarempa-Natuna-Singkawang. Perkiraanya untuk segmen pertama ini bisa operasional pada Oktober mendatang,” ungkap Direktur Utama PT Palapa Ring Barat Syarif Lumintarjo usai menyaksikan kerjasama Triasmitra-Bakamla, belum lama ini.

Dikatakannya, untuk segmen pertama ini akan digelar kabel laut sepanjang 1.200 Km dengan produk Nexans dari Norwegia. “Kalau soal penggunaan itu sedang dibahas BP3TI. Kami bagian bangunnya,” katanya.

Ditambahkannya, perseroan dalam pembangunan bagian Palapa Ring Barat melakukan secara empat serial dengan menyewa dua kapal untuk menggelar kabel. “Jadi, setelah segmen I jalan, segmen II akan jalan di Agustus dan selesai pada Desember 2017. Rute segmen II adalah Batam-Karimun-Tebing Tinggi-Bantan-Dumai. Pokoknya target kita akhir Februari 2018 semua rute Palapa Ring Barat selesai,” tutupnya. (Baca: Proyek Palapa Ring Barat)

PT Palapa Ring Barat merupakan Badan Usaha Pelaksana (BUP) bentukan Konsorsium Mora Telematika Indonesia – Ketrosden Triasmitra selaku pemenang lelang Proyek Palapa Ring Paket Barat. (Baca: Palapa Ring Barat)

Proyek Palapa Ring Paket Barat akan menjangkau wilayah Provinsi Riau, Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dan Kalimantan Barat (sebagai bagian dari interkoneksi dengan jaringan serat optik yang telah dibangun) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 km.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma