telkomsel halo
finnet KTM

Kecepatan sertifikasi smartphone bisa tekan penyelundupan

08:31:35 | 19 Feb 2018
Kecepatan sertifikasi smartphone bisa tekan penyelundupan
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai seharusnya angka penyelundupan telepon seluler (Ponsel) bisa ditekan setelah keluarnya beleid kemudahan mendapatkan sertifikasi smartphone.

“Kita kan sudah memberlakukan proses sertifikasi yang cepat dengan acuan test report yang dilakukan di laborarotium pengujian masing-masing atau oleh laboratorium yang telah terakreditasi. Seharusnya orang tidak melakukan penyelundupan lagi. Sertifikasi ponsel yang sebelumnya bisa memakan waktu sampai 2 bulan sekarang hanya menjadi 2 hari dengan menggunakan test report dari laboratorium terakreditasi mana saja yang disertai sejenis letter of undertaking,” ungkap Menkominfo Rudiantara, dalam keterangan (18/2).

Sebagai Informasi, pelayanan sertifikasi perangkat dapat dilakukan secara online. Jika persyaratan Deklarasi Kesesuaian dapat diverifikasi setelah pemohon mengajukannya pada situs web e-Sertifikasi, maka Surat Perintah Pembayaran (SP2) segera diterbitkan.

Sertifikat Perangkat dikeluarkan dalam kurun waktu kurang dari 24 jam setelah pemohon membayar SP2. Dengan demikian, proses Sertifikasi dengan Evaluasi Dokumen melalui Deklarasi Kesesuaian hanya memakan waktu dua hari saja.

Saat ini jumlah merek telepon genggam dan tablet serta perangkat sejenis lainnya yang telah berunsur Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang memenuhi syarat sejumlah 43 merek, di mana di antaranya adalah 11 merek nasional.

Sedangkan jumlah model perangkat baik telepon genggam, telepon pintar maupun tablet yang telah tersertifikasi dan memenuhi TKDN 30 % dari selama kurun tahun 2017 sampai dengan 14 Februari 2018 adalah sejumlah 294 model perangkat.

Salah satu merek lokal yang telah memenuhi TKDN adalah Advan. Advan telah membangun pabrik yang memprodukdi perangkat telepon genggam dan tablet serta produk terkait lainnya. Di samping pabrik, Advan juga memiliki Bidang Pengembangan (Research and Development).

Advan melengkapi produk-produknya dengan aplikasi-aplikasi nasional yang menjadi kebutuhan masyarakat. Advan sendiri telah melakukan capaian TKDN sebesar 35,45%.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma