telkomsel halo
finnet KTM

Laporan dari Orlando

Satelit Merah Putih sudah di area peluncuran

20:32:00 | 06 Aug 2018
Satelit Merah Putih sudah di area peluncuran
Ilustrasi kendaraan yang digunakan SpaceX dalam memindahkan satelit ke area peluncuran.(Foto:SpaceX)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengungkapkan satelit Merah Putih bersama roket Falcon 9 Block 5 telah berada di launch pad alias area peluncuran pada jam 09.00 Senin (6/8) pagi waktu Florida, Amerika Serikat.

"Sekitar jam 8 pagi waktu setempat gate dibuka dan satelit Merah Putih dibawa ke SLC 40 tempat peluncuran dilaksanakan. Perjalanan dari gate ke area peluncuran itu satu jam," ungkap Kepala Proyek Satelit Telkom Tonda Priyanto kepada IndoTelko di Orlando, Senin (6/8) pagi.

Seperti diketahui SpaceX dengan roket Falcon 9 Block 5 akan menjalankan misi pada tanggal 7 Agustus 2018 pukul 01.18 waktu Florida atau pukul 12.18 WIB untuk meluncurkan satelit Merah Putih ke slot orbit 108 derajat Bujur Timur (108 BT).

Jika misi berjalan tepat waktu, ini akan menandai penerbangan Falcon 9 ketiga dalam 16 hari. Ini akan menjadi peluncuran ke-15 oleh SpaceX sepanjang tahun ini. Misi terakhir dari Falcon 9 Block 5  meluncurkan satelit komunikasi 1 Bangabandhu.

Peluncuran satelit Merah Putih melanjutkan peluncuran musim panas di pagi hari dari Cape Canaveral. Tiga misi terakhir Falcon 9 dari Florida Space Coast sejak awal Juni telah diluncurkan pada larut malam, dan dua lagi dijadwalkan akan terjadi di tengah malam atau menjelang subuh beberapa jam kemudian bulan ini.

Satelit Merah Putih membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, serta 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan.

Telkom Group akan memanfaatkan satelit Merah Putih yang diperkirakan menelan investasi sebesar US$165 juta itu untuk menyediakan layanan backhaul Internet, telepon dan seluler.(dn)

 

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma