telkomsel halo

Pemerintah pastikan keamanan TI dari Asian Games

11:54:09 | 06 May 2018
Pemerintah pastikan keamanan TI dari Asian Games
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah ingin memastikan keamanan sistem Teknologi Informasi (TI) untuk pelaksanaan Asian Games XVIII Tahun 2018 berjalan sempurna.

"Walau makin modern sistem, tapi tetap ada celah untuk dimasuki," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla Wapres seperti dikutip dari laman Kominfo (6/5).

Pada kesempatan itu, Wapres mendapat penjelasan dari Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi tentang upaya pengamanan yang telah dilakukan. Dalam paparannya, Djoko menjelaskan penyelenggaraan Winter Olympic 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan. Di kesempatan Djoko paparan, Wapres menanyakan tentang berbagai bentuk yang menjadi serangan saat pelaksanaan  Winter Olympic. "Apa saja yang menjadi bentuk serangan itu saat Winter Olympic,” tanya Wapres.

Kepala BSSN menjelaskan, bahwa setidaknya ada dua bentuk, antara lain: website palsu dan serangan sistem ticketing. Hal terakhir sempat menyebabkan pembukaan Olimpiade musim dingin tersebut tertunda hingga satu jam.

BSSN setidaknya mempunyai 10 langkah pengamanan pada persiapan, pelaksanaan, hingga pasca penyelenggaran Asian Games 2018. ”Selain koordinasi antara Kementerian Komunikasi dan Informatika, BSSN, dan INASGOC,” jelas Djoko.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan pihaknya telah melakukan serangkaian pengamanan, seperti penetration test, dan bekerja sama dengan pihak industri di bidang TI.

“Kami juga sedang mengupayakan untuk sertifikasi orang untuk pengamanan TI Asian Games 2018,” lanjut Rudiantara.

Ketua Umum INASGOC Erick Thohir mengungkapkan organisasinya telah memiliki Main Operation Center (MOC) untuk mengatasi serangan siber bekerja sama INAFIS Polri dan BAIS TNI.

Erick berharap sistem keamanan TI Asian Games dapat dipakai untuk perhelatan olahraga lainnya, seperti PON.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI