blanja.com
telkomsel halo

Pemerintah perlu berikan insentif di pembangunan jaringan telekomunikasi

10:58:55 | 08 Jan 2018
Pemerintah perlu berikan insentif di pembangunan jaringan telekomunikasi
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Pemerintah disarankan memberikan insentif bagi operator dalam membangun jaringan agar penetrasi layanan telekomunikasi kian tersebar di seluruh Indonesia.

“Penggelaran jaringan sampai dengan saat ini tidak mudah khususnya soal perijinan, perlu ada peraturan pemerintah yang bs dipedomani oleh semua pihak. Menurut kami hal ini sudah sangat mendesak,” ungkap Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Nasional Telekomunikasi (Apnatel) Triana Mulyatsa, belum lama ini.

Dikatakannya, kehadiran jaringan telekomunikasi bisa memberikan multiplier effect yang baik dan diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih besar.

“Kami dari Apnatel sangat mendukung percepatan penggelaran jaringan khususnya fiber optic dan kami berharap banyak kontraktor, suplier dan pabrikan dalam negeri dpt menikmati "kue" yang besar, hal ini perlu juga ada "keberpihakan" atau perhatian dari para operator telekomunikasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Apnatel mencatat, belanja modal telekomunikasi di Indonesia tidak kurang dari Rp 20 triliun hingga Rp 25 triliun per tahun, namun hanya dinikmati sedikit oleh pengusaha lokal.

Menkominfo Rudiantara mengaku pemerintah sudah menunjukkan keberpihakan kepada barang dalam negeri dimana adanya aturan soal Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). "Lihat proyek Palapa Ring yang paket timur, itu kan kita paksakan ada TKDN, banyak yang protes tetapi jalan juga kan," katanya.

Rudiantara mengaku jika berkaitan dengan permintaan Apnatel untuk mendapatkan porsi pekerjaan lebih banyak tergantung kepada kesepakatan business to business (B2B) dengan operator.(wn)

telkom xsight
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma