blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Mitra Ride-hailing tolak GO-JEK dan Grab menjadi perusahaan transportasi

12:00:00 | 17 Apr 2018
 Mitra Ride-hailing tolak GO-JEK dan Grab menjadi perusahaan transportasi
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Mitra pengemudi dari layanan transportasi berbasis aplikasi (Ride-hailing) menolak wacana pemerintah untuk menjadikan GO-JEK dan Grab sebagai perusahan transportasi.

Alexander AS dari Koalisi Kesejahteraan Driver Online Indonesia (KKDOI) menyatakan langkah menjadikan pemain aplikasi menjadi perusahaan transportasi akan menyulitkan para mitra pengemudi taksi online.

"Wacana itu sulit dijalankan karena kami ini kan pemilik aset," katanya, kemarin.

Ditambahkannya, para mitra taksi online juga memiliki tuntutan lain yakni meminta adanya penyesuaian tarif minimal Rp4,600/km, memisahkan pemesanan taxi reguler dan taxi online, menghilangkan order prioritas, insentif bonus disesuaikan dengan jam kerja, estimasi 1 trip sama dengan 1 jam.

Berikutnya, penetapan tarif minimal Rp20 ribu, konsumen dikenakan biaya pembatalan, menurunkan  fee aplikator maksimal 5%. Pemutihan dan menolak suspend sepihak.

Telin
Ada juga tuntutan agar konsumen mendaftar dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Membuat aplikasi tombol keamanan di aplikasi driver dan konsumen serta memberikan santunan berupa santunan kecelakaan dan kriminalitas yang menimpa konsumen dan driver. Terakhir, menyediakan fasilitas komunikasi voice call antara konsumen dan driver.

Alex menyakini walau tarif dinaikkan tidak akan menghilangkan pangsa pasar taksi online. "Biar pasar yang akan melihat kondisi dilapangan seperti apa, karena pasar yang akan menentukan. Ini kan jasa pelayanan, dengan pelayanan yang lebih baik, penumpang tidak akan bergeser ke angkutan lain," katanya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Tcash Merdeka
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
Smartfren Unlimited 4G
telkom sigma
Kerjasama CSI