blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Layanan telekomunikasi dijamin “Joss” selama Asian Games 2018

09:27:00 | 09 Jul 2018
Layanan telekomunikasi dijamin “Joss” selama Asian Games 2018
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika menjadikan  keandalan jaringan telekomunikasi dan internet menjadi prioritas utama demi kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus 2018-2 September 2018.

"Fokus kami bukan cuma di pertandingan tapi juga di acara pembukaan dan penutupan di stadion GBK. Sebab perhatian terbanyak biasanya di pembukaan dan penutupan. Skenarionya bakal dihadiri 80 ribu-90 ribu penonton," papar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, akhir pekan lalu.

Menkominfo menerangkan salah satu opsi dari skenario ini adalah tidak ada seluler tapi menggunakan wi-fi, gratis tidak perlu register. Jadi begitu dibuka langsung diklik langsung terkoneksi dan bisa digunakan publik agar tidak perlu menunggu lama.

"Kami menyediakan bandwith sampai 10 GB/detik, ada 400 akses poin di stadion utama GBK disiapkan kawan-kawan Telkom," ungkapnya.

Dari sisi telekomunikasi, Menkominfo menjamin keandalan teknologi informasi. Hal ini diperkuat dengan ikrar dari para operator telekomunikasi dan internet pada Jumat (5/7) lalu untuk menyiapkan jaringan mendukung kegiatan Asian Games, khususnya layanan penyediaan wi-fi dan internet.

"Ajang Asian Games membutuhkan bandwith besar karena setiap hasil pertandingan secara berkala harus dilaporkan ke Komite pusat," imbuh Rudiantara.

Menkominfo meyakini dalam waktu sebulan ini, seluruh arena pertandingan di Jakarta, Palembang serta beberapa kota di Jawa Barat akan siap saat ajang Asian Games. "Secara umum sudah siap. Insyaallah 100% siap tinggal beberapa finishing saja di beberapa venue," pungkasnya.

5G
Secara terpisah, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto mengungkapkan tak ada isu lagi bagi Telkomsel yang ingin menggelar uji coba terbatas layanan 5G selama Asian Games 2018.

“Isu soal hak siar dengan menggunakan kamera 5G sudah kita selesaikan. Harusnya tak ada masalah lagi. Tinggal teknisnya di sisi teman-teman Telkomsel untuk eksekusi,” paparnya kepada IndoTelko. (Baca: 5G di Asian Games)

Sebelumnya, Telkomsel akan membangun "5G Experience Center" di Asian Games 2018. Salah satu dari fitur 5G yang akan dipamerkan Telkomsel adalah pembuatan shuttle untuk autonumous bus dan lainnya.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma