telkomsel halo
finnet KTM

Kominfo nilai wajar ada pembatasan streaming siaran Piala Dunia 2018

10:27:00 | 16 Jun 2018
Kominfo nilai wajar ada pembatasan streaming siaran Piala Dunia 2018
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menilai hal yang wajar adanya pembatasan konten siaran Piala Dunia 2018 dalam tayangan live streaming di situs salah satu TV swasta.

"Kalau kontennya terserah kepada broadcaster-nya bisa dilewatkan ke free to air atau melalui internet. Kalau tidak ada batasan soal sponsorship itu tidak masalah," jelas Menkominfo Rudiantara kala Open House, kemarin.

Menurut Menteri Kominfo tayangan streaming tidak hanya disediakan oleh broadcaster dalam negeri. Karena melalui internet bisa juga tayangan streaming disediakan oleh briadcaster dari luar negeri.  "Kalau streaming itu tidak hanya broadcaster dalam negeri. Kita bisa juga nonton streaming yang disediakan oleh broadcaster dari luar negeri," ungkapnya.

Mengenai regulasi penyiaran digital, Menteri Rudiantara menegaskan pemerintah siap membahasnya. "Soal UU kami ingin segera dilakukan lebih cepat lagi. Tapi ini inisiatif DPR, jadi kami menunggu rancangan dari DPR," tandasnya.

Bicara soal sanksi atas tayangan siaran langsung dan kaitan dengan hak siar, Menteri Kominfo menegaskan hal itu menjadi wewenang Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). "Tayangan ulang yang tak sesuai regulasi, kalau konten itu KPI yang menangani. Jadi jika ada dispute yang berkaitan dengan hak siar, ini jadi wilayah KPI," pungkasnya.

Telin
Sebelumnya PT Futbal Momentum Asia (FMA) merupakan pemilik hak ekslusif Piala Dunia 2018 juga memegang lisensi penyiaran untuk piala dunia putri U-17 dan U-20 untuk wilayah indonesia. FMA bekerjasama dengan Transmedia (Trans TV) untuk siaran Piala Dunia 2018 di free to air.

Sementara IndiHome Usee TV adalah salah satu yang menyairkan juga siaran Piala Dunia 2018 melalui TV Kabel. Ada juga MAXstream dari Telkomsel dan KlikTV hasil kerjasama PT Visinesia Digital Indonesia dengan KLIX Media Sdn Bhd yang menayangkan melalui aplikasi.(ak)  

Tcash Merdeka
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI