telkomsel halo
finnet KTM

Kominfo dorong BUMN kembangkan bisnis di 3T

08:33:07 | 31 Dec 2018
Kominfo dorong BUMN kembangkan bisnis di 3T
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong   Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengembangkan bisnisnya di wilayah Terdepan, Tertinggal dan Terluar (3T) serta wilayah perbatasan melalui program infrastruktur telekomunikasi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat menghadiri Kongres Forum Teknologi Informasi (FORTI) BUMN 2018, belum lama ini.

Menurutnya, perkembangan teknologi informasi di Indonesia semakin berkembang dengan adanya pelayanan infrastruktur jaringan telekomunikasi di seluruh Tanah Air.

"Pemerintah saat ini telah membangun infrastruktur di bidang teknologi informasi di seluruh Tanah Air. Fasilitas jaringan telekomunikasi ini sudah dirasakan oleh masyarakat," kata Rudiantara.

Infrastruktur jaringan telekomunikasi yang dimaksud menurut Rudiantara adalah program Palapa Ring, BTS, Akses Internet, dan Satelit Multifungsi. Beberapa program pelayanan tersebut sudah dirasakan masyarakat di wilayah 3T serta masyarakat di daerah perbatasan.

"Kalau dari BUMN nanti mau membangun bisnis proses di 514 kabupaten/kota sudah tidak jadi masalah. Di Indonesia Barat sudah beroperasi sejak April 2018, Indonesia Tengah tahap akhir, konstruksinya 99,9% sekarang sedang integrasi, sementara yang di Indonesia Timur konstruksinya sekarang sekitar 85%. Jadi kalau nanti BUMN buka cabang pengembangan bisnis disana, fasilitas TI-nya sudah ada," papar Rudiantara. 

Salah satu program pembangunan infrastruktur telekomunikasi adalah Palapa Ring yang saat ini mencapai 100%. Palapa Ring merupakan proyek jaringan sepanjang 12.148 kilometer yang menghubungkan 90 kabupaten/kota di seluruh Tanah Air dengan jaringan serat optik.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma