blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Ini tiga sektor kunci Huawei dorong transformasi digital

18:17:00 | 12 Jul 2018
Ini tiga sektor kunci Huawei dorong transformasi digital
Penjelasan tim Huawei dorong diigitalisasi (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) -  HuaweiTech Investment Indonesia mendorong penuh pertumbuhan digitalisasi di Tanah Air.  Perusahaan teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di dunia ini membuktikan keseriusannya lewat tiga sektor kunci, perbankan, airport, dan energy.   

Menurut Arri Marsenaldi Executive Product Manager Huawei Indonesia, Huawei mendorong lewat tiga sektor tersebut dengan “senjata” andalan dan strategi khusus antara lain inklusi keuangan lewat Branchless Banking, optimalisasi penggunaan energi dan produktifitas dengan Smart Grid, dan penguatan manajemen & peningkatan keamanan aset strategis melalui Smart Airport.

Dikatakan Arri, ketiga sektor tersebut sejalan dengan program pemerintah dalam menjalankan pembangunan di Indonesia yang mensinergikan antara infrastruktur dan digitalisasi (baca : Tahap Awal Transformasi Digital).  Arri menegaskan komitmen yang dilakukan Huawei lewat 10% revenue yang didapat perusahaan ini digunakan untuk pembangunan R&D.  

Ini tiga sektor kunci Huawei dorong transformasi digital

Dipaparkan olehnya, sektor perbankan akan melakukan penghematan biaya yang sangat signifikan.  Menurutnya untuk membuka satu cabang tradisional bank saja setidaknya mesti mengeruk biaya mencapai 3,6 miliar lebih.  Sedangkan membuka satu titik layanan anjungan tunai mandiri (ATM) tidak kurang sebesar 600 juta an yang mesti dikeluarkan.  

Sementara dengan teknologi yang ditawarkan Huawei lewat digital bankingnya, akan terjadi peningkatan 10 ribu hingga 150 ribu “ATM” setiap tahunnya melalui smartphone-smartphone yang digenggam.  Satu-satunya keterbatasan yang sangat terasa dalam layanan ini adalah pengambilan tunai.  

Pun di industri penerbangan.  Smart Airport akan menjadi solusi yang mumpuni untuk meningkatkan pelayanan di bandara tanpa mesti menambah sektor tenaga kerja.  

Ini tiga sektor kunci Huawei dorong transformasi digital

Kinerja Angkasa Pura II pimpinan Muhammad Awaluddin yang fokus dan getol dalam mengembangkan sektor digital dalam pengelolaan bandara di bawah bendera AP II menjadi bukti nyata bahwa industri penerbangan di Tanah Air go digital.  Dan Solusi yang ditawarkan perusahaan ini bisa menjadi salah satu jawabannya.

Meskipun menurut Arri, target bandara-bandara yang akan di sasar melalui Smart Aiport adalah bandara-bandara lokal yang masih dalam tahap pengembangan.  “Kalau bandara-bandara yang berstatus bandara internasional, saya rasa sudah mengikuti standar internasional, jadi bukan menjadi target,” katanya kepada IndoTelko.  

Ini tiga sektor kunci Huawei dorong transformasi digital

Di sektor energi Huawei memberikan solusi Smart Grid.  Program optimalisasi penggunaan energi listrik ala Huawei ini mampu memantau dan melihat pola penggunaan listrik oleh konsumen.  Hal ini bisa dijadikan sebagai tolak ukur pelayanan dan mengoptimalkan pasokan dan permintaan energi listrik yang berefek pada manajemen transfer energi listrik yang lebih efisien.  

Dengan demikian menurut Arri, efisiensi dalam tata kelolalenergi lsitrik ini akan berdampak terhadap pemerataan akses terhadap energi sehingga pemenuhan kebutuhan akan pasokan listrik yang terus meningkat terutama di luar pulau Jawa terpenuhi.  (sg) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma