telkomsel halo

Indonesia kembali menjadi anggota dewan ITU

09:14:26 | 06 Nov 2018
Indonesia kembali menjadi anggota dewan ITU
Menkominfo Rudiantara dan Dirjen SDPPI Ismail di konferensi ITU.(dok)
telkomtelstra januari - maret
DUBAI (IndoTelko) - Indonesia terpilih menjadi Council Member Region E International Telecommunication Union (ITU).

"Alhamdulillah, Indonesia dipilih (kembali) sebagai Council Member Region E bersama 12 negara lainnya yaitu Australia, Tiongkok, India, Iran, Jepang, Kuwait, Pakistan, Filipina, Korea Selatan, Saudi Arabia, Thailand dan UAE," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam keterangan (5/11).

Dalam ITU Plenipotentiary Conference ke-18 itu, Indonesia menawarkan inisiatif untuk mendorong percepatan transformasi terutama mengenai pemerataan akses internet.

Melalui lobi dan pertemuan tak kenal waktu, Delegasi Republik Indonesia yang dipimpin langsung oleh Menteri Rudiantara berhasil menggalang dukungan untuk Indonesia menjadi Anggota Dewan ITU.

"Tugas menanti kita untuk bisa men-drive proses percepatan transformasi ITU dalam ITU Council," ungkapnya.

Menurut Rudiantara, model kebijakan keberpihakan Indonesia menjadi referensi pemerataan akses internet secara global.  "Dapat dijadikan contoh bagi ITU untuk menerapkan kebijakan yang sama bagi hampir setengah populasi dunia yang belum memiliki akses internet," tandasnya.

Rudiantara menyatakan ke depan sumberdaya manusia dari Kementerian Kominfo dan Indonesia akan menjadi konsultan bagi ITU untuk mengeksekusi kebijakan keberpihakan. "SDM Kominfo atau BAKTI dan industri bisa menjadi narasumber atau konsultan bagi ITU dalam mengeksekusi kebijakan keberpihakannya," tambahnya.

Rudiantara mengharapkan orientasi global sebagai anggota ITU menjadi nilai tambah tanpa mengesampingkan kebijakan di dalam negeri. "Sudah saatnya Kominfo senantiasa berorientasi internasional tanpa meninggalkan kewajiban nasional. Sekali lagi, Kominfo bisa!" tandasnya.

Konferensi badan pembuat kebijakan tertinggi ITU yang diadakan empat tahun sekali itu menjadi kunci arah kebijakan dan peran organisasi di masa depan berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di seluruh dunia.

Seluruh negara anggota ITU menetapkan kebijakan umum perserikatan, mengadopsi rencana strategis dan keuangan empat tahun; dan memilih council member atau anggota dewan.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI