blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Golf Car Assistance di T3 Bandara Soetta berbasis IoT

08:18:37 | 16 Jun 2018
Golf Car Assistance di T3 Bandara Soetta berbasis IoT
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
TANGERANG (IndoTelko) – PT Angkasa Pura II (AP2) kini menyediakan layanan "Golf Car Assistance" berbasis teknologi Internet of Things (IoT) di Terminal 3 (T3) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) untuk mempermudah penumpang menuju gate yang dituju.

Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan terdapat 36 unit golf car assistance yang tersebar di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Adapun titik-titik lokasi di Terminal 3 untuk menggunakan layanan ini yaitu  di area keberangkatan domestik gate 15 dan gate 13 (priority), area kedatangan domestik gate 24, gate 18, dan gate 14 (priority), selanjutnya di area keberangkatan internasional gate 9, dan yang terakhir adalah di kedatangan internasional gate 5.

“Terminal 3 merupakan terminal yang luas, kami ingin memberikan pelayanan terbaik sehingga penumpang merasa nyaman dan mempermudah mereka hingga gate yang dituju. Golf car assistance ini memiliki waktu operasional selama 24 jam, sehingga penumpang tidak perlu khawatir, karena akan dilayani setiap waktu," katanya di Jakarta, Sabtu (16/6).

Dijelaskannya, satu unit golf car assistance dapat menampung maksimal 5 penumpang setiap perjalanan. berbekal teknologi IoT, tidak perlu menunggu hingga golf car penuh untuk menunggunakannya pada saat bukan jam sibuk.

Berkat teknologi beacon pada golf car, para penumpang dapat melihat melalui monitor yang disediakan pada Gate 15 dimana posisi masing-masing golf car dan melihat kapan estimasi ketersedian golf car yang ada sehingga dapat memudahkan para penumpang untuk berpindah antar gate di terminal 3.

Telin
Untuk mengevaluasi layanan golf car assistenace, tim internal AP 2 juga dilengkapi dengan aplikasi Golf Car Assistant (GOCA) untuk merating layanan dari masing-masing petugas. Aplikasi ini digunakan untuk menjaga service level dari layanan yang diberikan. Fasilitas ini juga nantinya akan diintergrasikan dengan aplikasi "Indonesia Airports".

“Kami akan terus mengembangkan fasilitas dan pelayanan di terminal, diharapkan ke depannya fasilitas seperti ini dapat diimplementasikan terminal lainnya di Bandara Soekarno-Hatta," pungkasnya.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Tcash Merdeka
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
Smartfren Unlimited 4G
telkom sigma
Kerjasama CSI