blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Laporan dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida

Cuaca cerah sambut peluncuran satelit Merah Putih

08:46:00 | 07 Aug 2018
Cuaca cerah sambut peluncuran satelit Merah Putih
Satelit Merah Putih di area peluncuran Cape Canaveral Air Force Station, Florida.(dok)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
ORLANDO (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tengah menanti peluncuran satelit Merah Putih pada tanggal 7 Agustus 2018 pukul 01.18 waktu Florida atau pukul 12.18 WIB ke slot orbit 108 derajat Bujur Timur (108 BT).

Saat ini posisi satelit bersama roket Falcon 9 Block 5 telah berada di launch pad alias area peluncuran Cape Canaveral Air Force Station, Florida.

IndoTelko bersama sejumlah media dari Indonesia mendapat kesempatan untuk melihat langsung wahana peluncur kebanggaan SpaceX itu ke area peluncuran SLC 40 pada Senin (6/8) sekitar jam 18.00 sore waktu Florida AS.

Dalam pantauan IndoTelko, roket Falcon 9 sudah berdiri tegak dan disambut cuaca yang cerah untuk dibawa ke angkasa.

Prakiraan cuaca yang dikeluarkan the U.S. Air Force’s 45th Weather Squadron memperkirakan kemungkinan 80% cuaca yang cerah selama jendela dua jam waktu peluncuran.  

Prakiraan cuaca memperkirakan langit akan cerah selama peluncuran dan harapannya sisa-sisa badai angin laut tetap berada di barat Space Coast pada saat peluncuran.

"Senin malam hingga Selasa pagi, angin akan tetap di permukaan timur laut dan timur laut lebih tinggi," kata prakiraan cuaca yang dikeluarkan pada Minggu (5/8).

Sebelumnya, Koordinator Proyek Satelit Merah Putih Hendra Gunawan menyatakan dalam waktu 32 menit setelah diluncurkan, status dari satelit merah putih akan diketahui dalam jalurnya menuju slot orbit atau tidak. "Ini akan menjadi menit-menit menegangkan bagi kami," katanya kemarin.

Cuaca cerah sambut peluncuran satelit Merah Putih

Satelit Merah Putih membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, serta 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan.

Telin
Telkom Group akan memanfaatkan satelit Merah Putih  yang diperkirakan menelan investasi sebesar US$190 juta untuk menyediakan layanan backhaul Internet, telepon dan seluler. Semoga semua berjalan lancar.(dn)

 

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Tcash Merdeka
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma
IOT
Kerjasama CSI