telkomsel halo
finnet KTM

BPJS Ketenagakerjaan digitalisasi layanan dengan BPJSTKU

03:55:32 | 14 Mar 2018
BPJS Ketenagakerjaan digitalisasi layanan dengan BPJSTKU
ilustrasi
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan melakukan digitalisasi layanan dengan merilis fasilitas pendaftaran mandiri yang dapat diakses melalui aplikasi BPJSTKU.

Fasilitas ini ditujukan untuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin mendaftar saat berada di negara penempatan. Aplikasi ini diperkenalkan sebagai bagian dari peluncuran layanan untuk PMI, yaitu Kartu Pekerja Indonesia untuk Pelaut, Aplikasi Job Order Online, dan pengintegrasian sistem teknologi informasi BPJS Ketenagakerjaan ke dalam sistem Teknologi Informasi (TI) pekerja migran di KBRI Singapura.

"Layanan pendaftaran mandiri BPJS Ketenagakerjaan selain dapat diakses melalui aplikasi BPJSTKU di Android, dapat juga diakses melalui website www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan Aplikasi Smart Embassy dari KBRI Singapura," kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto dalam rilisnya, belum lama ini.

Dijelaskannya, dengan digitalisasi ini seluruh proses pendaftaran hingga pembayaran iuran, dilakukan secara digital, tanpa dokumen fisik (paperless). Para pekerja migran juga dapat mengakses layanan ini di manapun tanpa batasan wilayah (borderless), dan kapanpun untuk mendapatkan perlindungan. Ada juga fitur live chat untuk yang memiliki pertanyaan.

Telin
Dijelaskannya, Singapura dipilih sebagai negara pertama untuk memperkenalkan fasilitas ini karena memiliki Smart Embassy, yaitu sistem TI dan database pekerja migran yang komprehensif yang dikelola langsung oleh KBRI Singapura.

Smart Embassy ini telah diintegrasikan dengan sistem BPJS Ketenagakerjaan sebagai basis utama pengelolaan database PMI di Singapura.(wn)

Tcash Merdeka
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI