blanja 2019
telkomsel halo

BP3TI diminta kebut desa broadband

08:15:32 | 26 Jul 2017
BP3TI diminta kebut desa broadband
Rudiantara (kiri) berfoto bersama peraih apresiasi KPU/USO 2017, salah satunya Koesmarihati (kedua kiri). (Foto:Kominfo)
telkomsat
JAKARTA (IndoTelko) – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta Badan Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) untuk mengebut proyek desa broadband agar pada 2019 semua lapisan masyarakat merasakan internet cepat.

“Jadi, pada 2019 nanti tidak ada wilayah di Indonesia yang tidak ada akses broadband. Kita harus bisa menjangkau 100 ribu lebih sekolah,10 ribu lebih kecamatan, dan 70 ribu lebih desa,” ungkap Rudiantara kala memberikan sambutan di Malam Penghargaan dan Apresiasi KPU/USO 2017, kemarin.

Dikatakannya, BP3TI memiliki tanggungjawab tidak hanya kepada masyarakat, tetapi juga ke operator. “Makanya saya minta ke Direksi BP3TI selalu governance, governance, dan governance,” katanya.

Asal tahu saja, Kewajiban Pelaksanaan Universal/Universal Service Obligation (KPU/USO) merupakan program pemerataan pembangunan telekomunikasi dan informatika yang diprioritaskan di daerah terluar/perbatasan, desa tertinggal, desa terpencil, daerah rintisan dan daerah yang tidak layak secara ekonomis serta wilayah yang belum terjangkau akses dan layanan telekomunikasi.

Kebijakan tersebut diambil Pemerintah untuk memastikan aksesibilitas telekomunikasi secara merata dan afordabilitas masyarakat tehadap layanan dengan tetap menjaga sustainabilitas industri telekomunikasi agar senantiasa mampu memberikan layanan yang berkualitas.

Program teledensitas KPU/USO dilakukan dengan penguatan dari sisi supply dan demand side sehingga gelaran pembangunan TIK tidak hanya mencakup penyediaan infrastruktur telekomunikasi, tetapi juga diarahkan untuk pemberdayaan ekosistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).   

Sejak tahun 2006, pengelolaan anggaran dari kontribusi penyelenggara jaringan/jasa telekomunikasi yang diperoleh dari pendapatan kotor perusahaan, dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Layanan Umum (BLU) yang kini bernama Badan Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BPPPTI).

Kesuksesan program KPU/USO merupakan sinergi dari masyarakat Indonesia sebagai pelanggan layanan telekomunikasi, fasilitasi penyedia jaringan/jasa telekomunikasi, dan penetapan koridor pembangunan oleh pemerintah, di mana hasil dari sinergi tersebut kembali dirasakan oleh masyarakat di wilayah-wilayah prioritas USO.

Direktur Utama BP3TI Anang Latif mengharapkan seluruh entitas yang terlibat di dalam program KPU/USO akan semakin bersinergi di dalam meningkatkan akuntabilitas, efektivitas dan mutu program KPU/USO, serta mengoptimalkan pemasukan dari sektor Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk digunakan secara optimal bagi kepentingan masyarakat.

Sebanyak 13 lembaga menerima penghargaan tersebut yaitu Tentara Nasional Indonesia untuk kategori institusi terbaik dalam mendukung program pemerataan layanan selular, Kementerian Keuangan memperoleh penghargaan kementerian yang mendorong efisiensi proses bisnis BLU.

PT Telkomsel kategori wajib bayar kontribusi USO terbaik tahun buku 2016 klasifikasi terra, PT Supra Primatama Nusantara kategori wajib bayar tahun buku 2016 terbaik klasifikasi giga, PT Semesta Citra Media kategori wajib bayar tahun buku 2016 terbaik kategori mega.

PT Pasifik Satelit Nusantara mitra penyedia layanan internet terbaik, PT Yudhawira Katulistiwa mitra penyedia layanan internet tertertib, PT AJN Solusindo mitra penyedia infrastruktur terbaik, PT Surya Energi Indotama mitra penyedia infrastruktur pendukung tertertib.

Desa Matutuang Kecamatan Kepulauan Marore mitra terbaik kategori pemerintah daerah untuk program akses internet. Dinas Kominfo Kabupaten Talaud , Provinsi Sulawesi Utara, mitra terbaik kategori pemerintah daerah untuk program akses internet.

Dinas Kominfo Kabupaten Belu, Provinsi NTT, mitra terbaik kategori pemerintah daerah untuk program desa broadband terpadu. Dinas Kominfo Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat kategori mitra terbaik kategori pemerintah daerah untuk program layanan selular.

Selain itu penghargaan untuk kategori life achievment diberikan kepada Koesmarihati atas kontribusinya selama lebih dari 40 tahun di sektor telekomunikasi.

Angkasa Pura 2
Penghargaan juga diberikan kepada lima bank yang membantu pengelolaan USO yaitu BNI, Mandiri, BRI, BTN dan Bukopin.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma