telkomsel halo

Aplikasi SP4N-LAPOR! siap tampung keluhan layanan publik

07:18:01 | 11 Jun 2018
Aplikasi SP4N-LAPOR! siap tampung keluhan layanan publik
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyiapkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-LAPOR! untuk menampung keluhan layanan publik dari masyarakat.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan, kehadiran aplikasi ini  bisa  meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai peran positif birokrasi dalam pelayanan publik dan mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dan fasilitas publik yang diberikan kepada pemudik.

Aplikasi yang bisa diunduh di android dan iPhone ini telah menerima 1.288.630 laporan hingga Mei 2018. Sebanyak 375.296 laporan sudah terdisposisi dan 339.033 laporan sudah ditindaklanjuti. "Rata-rata ada 587 laporan per hari," jelasnya.

Ditambahkan, aplikasi ini juga terhubung dengan 34 kementerian, 305 pemerintah daerah, 97 dan lembaga negara. Selain itu, 116 BUMUN, 130 perguruan tinggi negeri/swasta, dan 130 perwakilan luar negeri.

Topik terbanyak yang dilaporkan sejauh ini adalah BPJS Kesehatan dengan 2.328 laporan. Urutan kedua,  laporan tentang ketenagakerjaan yang berjumlah 1.488 laporan, dan ketiga adalah laporan tentang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dengan 1.488 laporan. Laporan lain  tentang keimigrasian, kepegawaian, dan administrasi kependudukan.

Dengan aplikasi SP4N-LAPOR! ini, masyarakat bisa mengadukan segala jenis permasalahan terkait pelayanan publik, termasuk pelayanan selama arus mudik dan arus balik Lebaran. Begitu ada laporan masuk melalui aplikasi tersebut, Kementerian PANRB akan meneruskan ke unit atau instansi yang terkait dengan masalah tersebut.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI