telkomsel halo
finnet KTM

AP 2 gandeng Telkomsel untuk digitalisasi bandara

09:27:00 | 11 Okt 2018
AP 2 gandeng Telkomsel untuk digitalisasi bandara
Presdir Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Presdir Telkomsel Ririek Adriansyah (duduk) bersama jajaran manajemen usai penandatanganan MoU di sela sela event IMF - World Bank Annual Meetings 2018.(ist)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT Angkasa Pura II (AP 2) menggandeng Telkomsel untuk melakukan digitalisasi layanan di sejumlah bandara yang dikelolanya.

“Kami baru saja melakukan penandatanganan MoU tentang pengembangan digitalisasi Airport Community dan Smart Airport menggunakan layanan Telkomsel myBusiness Solution di lingkungan bandara yang dikelola Angkasa Pura II,” ungkap Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin usai melakukan penandatanganan dengan Presiden Direktur Telkomsel Ririek Adriansyah,  di sela sela event IMF - World Bank Annual Meetings 2018 di hotel Club Med Nusa Dua Bali, Rabu (10/10) malam.

Awaluddin menjelaskan langkah pertama yang mungkin bisa dikembangkan dari MoU tersebut adalah berkolaborasi dalam program komunitas.

“Bicara basis massa, pelanggan Telkomsel saat ini 170 juta nomor. Sementara AP II dengan 15 bandara yang dikelola, pada tahun lalu melayani 105  juta traffic passenger. Tahun ini ditargetkan 116  - 117 juta pergerakan penumpang. Kalau ini disinergikan menjadi sebuah community program saya rasa akan sangat dahsyat sekali," ujar Awaluddin.

Nantinya, akan dilakukan kerjasama penjualan paket data Telkomsel. Dalam seminggu ke depan akan dibangun booth Telkomsel di kawasan transit terpadu atau transit oriented development (TOD) di pintu M1 Bandara Soekarno Hatta yang akan menjual produk-produk Telkomsel. Akan dirancang juga produk-produk khusus untuk memudahkan dan meringankan biaya para pekerja bandara.

Selanjutnya kerjasama bisa berkembang pada digitalisasi  e-parking dengan memanfaatkan T-CASH sebagai alat bayar.

AP 2 punya fokus dalam pengembangan airport digital bisnis pada lima point yakni airport pick data, airport e-payment, airport e-advertising, airport e-commerce dan airport community.

Ririek Adriansyah menambahkan untuk tahap awal kerjasama ini akan dimulai dengan cross selling stater pack, maupun paket data yang nantinya akan fokus pada komunitas pengguna bandara.

"Telkomsel juga sedang giat masuk pada sektor B to B atau enterprise, untuk itu kami menyiapkan berbagai solusi yang kami yakin dengan menggunakan solusi ini AP 2 bisa memberikan layanan yang lebih bagus kepada para pelanggannya dan  juga menjadi lebih efisien," ujar Ririek.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma