blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

AP 2 operasikan AOCC layani angkutan lebaran 2018

05:10:32 | 05 Jun 2018
AP 2 operasikan AOCC layani angkutan lebaran 2018
Muhammad Awaluddin.(ist)
telkomtelstra januari - maret
TANGERANG (IndoTelko) – PT Angkasa Pura II (AP 2) sebagai pengelola Bandara Internasoinal Soekarno-Hatta mulai mengoperasikan Airport Operation Control Center atau AOCC untuk melayani angkutan lebaran 2018.

AOCC mengintegrasikan pengelolaan sumber daya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta guna dapat beroperasi secara efektif dan efisien sehingga mengakomodir terwujudnya keselamatan (safety), keamanan (security), pemenuhan atas regulasi (compliance), serta pelayanan (services).

Secara umum, fungsi AOCC adalah sebagai suatu command center untuk mengawasi operasional di sisi udara dan sisi darat serta mencakup seluruh aktivitas kedatangan dan keberangkatan di bandara.

“AOCC merupakan salah satu upaya AP II dalam mengimplementasikan sistem teknologi informasi di bandara atau kami sebut dengan pembangunan soft infrastructure," ungkap Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangan, kemarin.

Adapun pengembangan tahap pertama AOCC akan dilengkapi dengan tiga fitur layanan, yakni Facility Enginering Manajemen System (FEMS), Facility Airport Resources Management System (FARMS), dan Airport Security System.

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai bentuk kesiapan menyambut angkutan lebaran 2018 sejumlah layanan berbasis digital disuguhkan seperti Mobile Assistance Check-In di Terminal 1C, self check-in kiosk, dan lainnya.

Penambahan fasilitas juga dilakukan di Terminal 3. Saat ini telah tersedia lokasi penjemputan penumpang dengan format drive thru. Hal ini akan semakin mempermudah penumpang untuk melakukan proses penjemputan di Terminal 3 tanpa perlu masuk kedalam gedung parkir. Untuk angkutan lebaran 2018, fasilitas drive thru_ini akan beroperasi mulai pukul 16.00 sampai dengan pukul 21.00.

Arus mudik dalam angkutan lebaran 2018 diprediksi ini akan mengalami peningkatan sebesar 10% dibandingkan tahun lalu dari sebelumnya 6,1 Juta penumpang pertahun menjadi 6,7 Juta penumpang per tahun.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma