telkomsel halo
finnet KTM

Adopsi SD-WAN akan tumbuh 69,6%

09:36:55 | 15 Nov 2018
Adopsi SD-WAN akan tumbuh 69,6%
Senior Research Manager for Consulting and Heads of Operations IDC Indonesia Mevira Munindra.(dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – International Data Corporation (IDC) memprediksi adopsi  software-defined networking in a wide area network (SD-WAN) akan meningkat signifikan di seluruh dunia untuk kebutuhan transformasi digital.

Senior Research Manager for Consulting and Heads of Operations IDC Indonesia Mevira Munindra mengungkapkan pertumbuhan teknologi sebesar 69,6% rata-rata per tahun (compound annual growth rate/CAGR) dan pendapatan infrastruktur serta layanan SD-WAN di seluruh dunia akan mencapai US$ 8,05 miliar pada 2021.

“Perusahaan yang mampu beradaptasi dengan efektif secara digital untuk lanskap bisnisnya akan mampu memiliki lebih dari dua kali lipat tingkat pertumbuhan pendapatan, retensi pelanggan, dan pertumbuhan laba relatif terhadap perusahaan dengan hanya parsial atau tidak ada keselarasan digital,” katanya di ajang Telkomtelstra Digital Summit 2018, kemarin.  

Telkomtelstra baru saja mengumumkan kolaborasi dengan 5 partner SD-Wan antara lain  Cisco (Viptela, Meraki), VM Ware (VeloCloud) ), Fortinet, Riverbed dan secara resmi meluncurkan solusi SD-WAN.

Inovasi SD-WAN merupakan cara transformasional baru untuk mengoperasikan WAN perusahaan dalam mengelola konektivitas berbagai kantor cabangnya terutama yang berjarak jauh ataupun remote. Solusi ini didesain dengan implementasi teknologi yang disederhanakan dari kompleksitas jaringan melalui aplikasi realtime yang hemat biaya.

“Model jaringan tradisional sudah tidak mampu lagi memenuhi tuntutan kebutuhan fleksibilitas, dan skalabilitas yang diperlukan untuk transformasi TI perusahaan yang akan semakin banyak berbasiskan cloud,” tambah Chief of Product and Service Officer Telkomtelstra Agus F. Abdillah. 

Agus menambahkan apabila perusahaan yang mencari solusi jaringan yang dapat memenuhi tuntutan kebutuhan untuk dapat memperoleh visibilitas terpusat, kontrol, zero touch point implementasi di lokasi cabang, akan sangat tertarik pada fitur yang ditawarkan oleh teknologi Wide Area Network (SD-WAN) dengan otomasi melalui perangkat lunak.(ad)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma