telkomsel halo

Telkom Segera Operasikan Sebagian Serat Optik SMPCS

09:34:59 | 23 Jun 2014
Telkom Segera Operasikan Sebagian Serat Optik SMPCS
Ilustrasi (Dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) segera mengoperasikan sebagian serat optik yang dibangun di rute Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS).

“Sebagian dari rute itu sudah bisa dioperasikan. Kita akan gunakan untuk beberapa tujuan yang bisa meningkatkan keterbukaan digital (Digital Inclusion). Misalnya, koneksi broadband untuk pemerintah kabupaten di rute yang dilalui,” ungkap Direktur Enterprises and Business Services Telkom M Awaluddin, belum lama ini.

Diungkapkan Pria berkumis ini, rute yang sudah bisa dioperasikan tahun ini adalah Sulawesi, Maluku, dan Gorontalo. “Kita akan segara optimalkan kapasitas yang ada,” katanya.

Untuk diketahui, program Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) terdiri dari 2 paket pekerjaan. Paket pertama, membentangkan kabel laut sepanjang  1. 300 km, menghubungkan Sulawesi, Maluku, Maluku Utara dan Sorong serta Fakfak, dikerjakan oleh ASN dengan nilai kurang lebih Rp 1 triliun.

Paket kedua, membentangkan kabel laut sepanjang 2. 200 km, menghubungkan kota-kota  di dalam Papua dan Papua Barat, dikerjakan oleh NEC dengan investasi kurang lebih Rp 700 miliar.

Pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut SMPCS mencakup penggelaran Kabel Laut sepanjang 5.444 km dan Kabel Darat sepanjang 655 km yang menggunakan teknologi Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM) guna menghadirkan jaringan dengan kapasitas bandwidth 32x100 Gigabytes per fiber pair-nya. Proyek ini diperkirakan beroperasi penuh pada 2015 mendatang.

Proyek ini lanjutan dari pembangunan serat optik  Mataram Kupang Cable System pada 2011. Jalur yang digunakan untuk pembangunan serat optik sebagian besar masuk dalam rute Palapa Ring milik pemerintah.

Pemerintah sendiri akan menggelar pembangunan serat optik rute Palapa Ring tak lama lagi dengan memanfaatkan dana Universal Service Obligation (USO).(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI