telkomsel halo
finnet KTM

Triasmitra bangun kabel laut Jakarta-Surabaya senilai US$ 40 juta

08:40:30 | 03 Aug 2017
Triasmitra bangun kabel laut Jakarta-Surabaya senilai US$ 40 juta
Titus Dondi Patria A (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Ketrosden Triasmitra (Triasmitra) tengah membangun sistem komunikasi kabel laut (SKKL) yang menyambungkan Jakarta-Surabaya dengan nilai investasi sebesar US$ 40 juta.

“Panjang kabel laut itu 850 Kilometer (Km), rute ini banyak peminatnya karena umumnya operator miliki kabel darat (inland). Untuk kabel laut belum banyak rute Jakarta-Surabaya,” ungkap CEO Ketrosden Triasmitra, Titus Dondi Patria A. usai menandatangani kerjasama dengan Bakamla RI, belum lama ini.

Dijelaskannya, untuk kabel laut Jakarta-Surabaya menggunakan vendor kabel dari Norwegia, Nexans. Pembangunan sudah dimulai pada Mei 2017 dan diperkirakan selesai pada Agustus 2018.

“Kita juga sedang jajakan rencana bangun rute Dumai-Medan sepanjang 300 Km. Ini rute alternatif dari Sumatera menuju Batam. Kalau ada peminatnya kita akan eksekusi rute ini pada akhir tahun ini. Nilai investasinya sekitar US$ 20 juta,” katanya.

Permintaan Tinggi

Lebiih lanjut Pria yang pernah lama berkarir di XL Axiata ini menjelaskan, peminat dari kabel laut lumayan tinggi walau pelanggannya niche. “Pelanggan kita itu operator dan Network Access Provider (NAP). Model bisnisnya ada dua, pertama menjual core. Kedua maintenance operation. Triasmitra ini mitra konsorsium Palapa Ring Barat dan Timur untuk maintenance operation. Sekarang kita maintenance 8 ribu Km SKKL, kalau Palapa Ring selesai, kita kelola operasi 20 ribu Km SKKL,” ulasnya. (Baca: Triasmitra)

Rute kabel laaut yang dikelola Triasmitra saat ini adalah Jakarta-Denpasar dan Surabaya-Denpasar. Pelanggan diantaranya Telkom, Indosat, XL, Link Net, Fiberstar. Biznet, dan Iforte. (Baca: Kompetisi Backbone)

Untuk rute Jakarta-Surabaya salah satu calon pelanggan adalah MNC Play. Sementara untuk rute Dumai-Medan tengah ditawarkan ke MyRepublic.

Biasanya SKKL memuat 24 core dan diisi oleh dua hingga tiga operator. Harga 2 core biasanya sekitar US$ 7 juta hingga US$ 8 juta tergantung rute yang dilalui.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma