telkomsel halo
finnet KTM

Telkomsel siap sukseskan “refarming” frekuensi 2,1 GHz

09:57:16 | 04 Dec 2017
Telkomsel siap sukseskan “refarming” frekuensi 2,1 GHz
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Telkomsel siap menyukseskann tata ulang (refarming)  frekuensi 2,1 GHz sebagai agenda optimalisasi mobile  broadband nasional.

“Kita siap sukseskan refarming. Tak ada masalah, itu kan agenda nasional,” tegas Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah pekan lalu.

Sementara Kommisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Imam Nashirudin menjelaskan secara keseluruhan, penataan ulang pita frekuensi radio 2,1 GHz terbagi atas 42 cluster yang umumnya dibagi berdasarkan provinsi di seluruh Indonesia yang meliputi seluruh kabupaten dan kotamadya. (Baca: Skenario tata ulang 2,1 GHz)

Misalnya Pulau Papua dibagi menjadi Cluster Papua yang terdiri dari seluruh kota/kabupaten di Provinsi Papua sedangkan Cluster Papua Barat meliputi seluruh kota/kabupaten di Propinsi Papua Barat.

“Referensi pembagian cluster wilayah adalah penataan ulang pita frekuensi 1800 MHz yang dilakukan pada tahun 2015 yang lalu. Bedanya, hanya ditambahkan dengan beberapa kabupaten/kotamadya yang sebelumnya belum masuk atau baru, mengacu pada Peraturan Mendagri Nomor 56 Tahun 2015 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan,” katanya.

Tahapan pelaksanaan penataan ulang pita frekuensi 2,1 GHz dibagi menjadi 2 tahap. Pada Tahap 1, Indosat berpindah dari Blok 6 dan 7 menjadi Blok 11 dan 12.

Bila sudah dapat dipastikan hasilnya baik, maka dilanjutkan dengan Tahap 2 yaitu Telkomsel berpindah dari Blok 3 ke Blok 6 dan XL berpindah dari Blok 10 ke Blok 7.

Dari penataan ulang ini akan dihasilkan pita frekuensi yang berdampingan (contigous) untuk masing-masing operator yaitu Tri (sebesar 15 MHz FDD), Telkomsel (sebesar 15 MHz FDD), XL (sebesar 15 MHz FDD) dan Indosat (sebesar 15 MHz FDD).

Refarming akan melibatkan  sekitar 120.711 BTS Telkomsel, XL dan Indosat (3G & 4G) dan 2.177 Repeater milik ketiga operator tersebut.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma