telkomsel halo
finnet KTM

Indosat siap beraksi, Telkom: Market Enterprise bukan Zero Sum Game

11:03:00 | 16 Nov 2018
Indosat siap beraksi, Telkom: Market Enterprise bukan Zero Sum Game
Dian Rachmawan.(dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Persaingan memperebutkan pasar IT Services yang akan memanas tahun depan ditanggapi dingin oleh penguasa di segmen High End Market, Telkom Indonesia.

High End Market terdiri dari segmen Enterprise, Government, Small Medium Business. Riset yang dilakukan AT. Kearney dua tahun lalu  memprediksi pertumbuhan bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK/IT Services) di segmen High End Market selama lima tahun ke depan menunjukkan tren bisnis positif (strong business trend) dengan pertumbuhan rata-rata 19%. (Baca: Aksi Indosat)

Penguasa pasar IT service dari operator telekomunikasi adalah Telkom. Namun, sepertinya kompetisi di tahun depan mulai memanas seiring Indosat mengubah strateginya masuk ke segmen tersebut dan XL Axiata yang mulai menggenjot membangun ekosistem layanan digital. (Baca: Amunisi Telkom)

“Market Enterprise itu luas. Kompetisi bukan lagi “kill or to be killed” bukan “zero sum game”. Tetapi  siapa yang kreatif dan inovatif membangun ekosistem secara close-loop itu yang akan sukses,” tegas Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan kepada IndoTelko, (16/11). 

Diungkapkannya, Telkom sudah bermain di pasar enterprise sejak tahun 2000. “Telkom itu learning organization, sudah biasa dalam kondisi always-on transformation, transform ber-kali-kali sesuai tantangan zaman,” tukasnya.

Dian menambahkan, menyikapi tren digitalisasi yang berbasis teknologi Revolusi Industri 4.0, Telkom telah mempersiapkan kapabilitas dan kompetensi. “Tidak kurang 25 anak perusahaan telah dikhususkan untuk bisnis digitalisasi guna mendukung segmen Enterprise, Government dan Small Medium Business,” pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Indosat Ooredoo Arief Musta’in mengungkapkan tengah menyiapkan senjata baru guna melawan dominasi Telkom di High End Market melalui melakukan pendekatan berbasis transformasi ketimbang transaksional guna memikat hati calon pelanggannya. (Baca: Lab XL)

Sementara XL membangun laboratorium IoT (IoT Lab) Innovation terlengkap di Indonesia guna mengembangkan inovasi Internet of Things (IoT) sebagai salah satu solusi digital untuk mempermudah berbagai aktifitas individu dan industri.(dn) 

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma