telkomsel halo
finnet KTM

Teknologi OYO tingkatkan okupansi hotel

12:52:46 | 06 Dec 2018
Teknologi OYO tingkatkan okupansi hotel
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Teknologi menjadi DNA OYO Hotels untuk membantu mitra hotel mereka dalam mengelola operasional bisnis melalui solusi yang bersifat end to end.

Melalui adopsi teknologi yang dibangun sendiri oleh OYO Hotels, perusahaan ini mampu membantu para mitranya meningkatkan okupansi kamar hingga 90%.  

Tak hanya membantu meningkatkan okupansi kamar, teknologi OYO Hotels juga membantu pemilik hotel dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Dengan teknologi, masalah antrian check-in/check-out ketika peak season bisa dikurangi sehingga meningkatkan kepuasan tamu.

Selain itu, teknologi juga bisa mengatasi masalah sehari-hari dalam operasional hotel. Misalnya, ketika tamu ingin meminta layanan tertentu, biasanya hanya ada satu atau dua petugas hotel yang mengetahuinya dan akan diteruskan ke bagian terkait. Dengan teknologi, manajer, pengelola hotel, maupun staf hotel lainnya juga bisa mengetahui sedari awal permintaan tamu melalui satu platform dan menghindari terjadinya miscommunication.

Adanya layanan yang terintegrasi dengan dukungan teknologi juga akan membantu mitra hotel untuk bersaing di industri hospitality di Indonesia.

Pasalnya, pada 2017 lalu Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia mencatat ada 290 ribu kamar dari 230 hotel hotel berbintang di Indonesia. Dengan banyaknya pemain di industri ini, pengelola hotel harus mampu menyajikan sesuatu yang berbeda agar tingkat okupansi kamar tetap tinggi, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi.

"Sejak beroperasi di Indonesia, kami telah bermitra dengan lebih dari 65 hotel dan tingkat okupansi yang mencapai 75%. Aplikasi kami telah membantu 22 ribu proses check-in dan memuaskan 68% tamu. Kami juga melihat waktu penyelesaian staf hotel telah berkurang hampir 25% ketika menyelesaikan tugasnya seperti membersihkan ruangan hingga layanan kamar," ujar Country Lead OYO Hotels Indonesia, Rishabh Gupta dalam keterangan, kemarin.

Setiap mitra OYO Hotels mendapatkan akses untuk menggunakan teknologi canggih tersebut, sehingga pengelola maupun manajer hotel bisa mendapatkan kendali penuh dalam operasional sehari-hari, selain juga membantu mengurangi biaya, efisiensi staf, menghemat waktu.

"Sejak hari pertama, kami banyak berinvestasi dalam membangun kapabilitas mendalam dan teknologi yang terdiri lebih dari 20 aplikasi yang kami kembangkan sendiri. Kami telah berinvestasi pada sumber daya teknologi dan saat ini memiliki lebih dari 700 engineer secara global," tambah Rishabh.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma