blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Teknologi AI punya peran strategis di era Indonesia 4.0

10:18:00 | 13 Apr 2018
Teknologi AI punya peran strategis di era Indonesia 4.0
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Teknologi Artificial Intelligence (AI) diyakini memiliki peran strategis untuk mewujudkan "Making Indonesia 4.0" yang akan menjadi landasan pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa mendatang.

Making Indonesia 4.0 adalah roadmap (peta jalan) implementasi Industri 4.0 yang tengah disusun pemerintah Indonesia.

Industri 4.0 berbicara tentang implementasi teknologi automasi dan pertukaran data dalam bidang industri. Adapun lima teknologi utama yang menopang implementasi Industri 4.0, yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human–Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing

"Bicara Industri 4.0, salah satu teknologi kunci yang diharapkan mendukung pencapaian tersebut adalah Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI ini salah satunya digunakan dalam Identity & Access Management (IAM) yang dikembangkan oleh Telkom Group melalui Element Inc, perusahaan yang mendapatkan investasi dari Telkom, untuk Identifikasi Biometrik," ungkap Project Director Customer Experience Chief Digital & Strategic Portfolio Office Telkom Sri Safitri kala menjadi pembicara di sebuah seminar, belum lama ini.

Diungkapkannya, identifikasi Biometrik yang dikembangkan Element merupakan solusi yang siap pakai dan dilengkapi dengan anti spoofing yang pertama di dunia dan memiliki kapabilitas end to end mobile baik offline, lokal di perangkat berbasis AI dan Machine Learning.

"Identifikasi ini sangat cocok digunakan untuk industri perbankan dengan face recognition ataupun finger scan yang membutuhkan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat kemudahan dan peningkatan pengguna m-banking tanpa harus direpotkan dengan mengingat-ingat password ataupun pin," katanya.

Ditambahkannya, identifikasi Biometrik dengan face recognition juga akan sangat mempercepat proses pendaftaran pasien BPJS di rumah sakit dan juga mampu menekan fraud sehingga tentunya sangat mengurangi beban operasional dari BPJS.

Teknologi AI punya peran strategis di era Indonesia 4.0

Sri Safitri

"Identity Access Management itu melibatkan autentifikasi dan otorisasi. Keduanya ini tak bisa berdiri sendiri. Era Industri 4.0, tentu akan membutuhkan solusi yang kami kembangkan ini. Soalnya ini memberikan peningkatan layanan bagi pelanggan, meningkatkan trust, dan akuntabilitas yang jelas," kata salah seorang Councillor ASEAN CIO Association (ACIOA) ini.

Wanita yang hobi wisata kuliner ini memperkirakan pada 2020, sebanyak 70% perusahaan yang telah terbiasa menggunakan salah satu pengenalan secara biometric akan menggunakan pendekatan kombinasi wajah, suara, dan perilaku dalam melayani pelanggannya. "Nanti sekitar 70% perusahaan akan gunakan pengenalan biometric dikombinasi dengan perangkat mobile. Ini akan tren yang tak terelakkan di era Industri 4.0," urainya.

Dalam prediksinya, industri yang akan cepat mengadopsi teknologi biometric berbasis AI di Indonesia adalah sektor kesehatan, ketenagakerjaan, perbankan dan lainnya.

"Pemerintah harus secepatnya adaptasi perubahan ini dengan menyiapkan regulasi, terutama isu privasi dan data pribadi," pungkasnya.(ad)

telkom xsight
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
telkom solution travel