blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Startup dan pengelolaan "guyuran" data

10:39:38 | 13 Apr 2018
Startup dan pengelolaan
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Era digital tak hanya menimbulkan inovasi dan peningkatan layanan, tetapi juga derasnya arus data bagi inovator.

Banyak inovasi yang dihasilkan perusahaan rintisan (startup) merupakan hasil dari olahan yang datang kepadanya.

"Penggunaan data sangat penting sebagai backbone dalam penyusunan strategi, terutama untuk perusahaan teknologi seperti Tokopedia," ungkap Head of Corporate Finance & Investor Relations Tokopedia Inna Chandika, dalam sebuah disuksi belum lama ini.

Diungkapkannya, dietiap keputusan yang dibuat Tokopedia bergantung pada data. "Data adalah nilai terpenting sekaligus kelebihan bagi Tokopedia, dan penting dalam mengakselerasi misi kami untuk mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital. Data tersebut dapat dimanfaatkan untuk menentukan berbagai strategi termasuk fokus dan segmentasi market, kategori penjualan, sales, dan lainnya," katanya.

Data yang biasanya dirilis ke publik meliputi jumlah merchant (penjual) dan pengunjung bulanan di Tokopedia. "Startup adalah industri yang hypergrowth, dan kedua data tersebut kami lihat paling mampu merepresentasikan pertumbuhan tersebut. Karena sesuai dengan misi Tokopedia, kami ingin melakukan pemerataan ekonomi secara digital,yang mana salah satu caranya adalah dengan mengukur progress kedua indikator tersebut," jelasnya.

Menurutnya, kedua indikator tersebut sekaligus dapat mengukur kepercayaan masyarakat terhadap transaksi jual beli online melalui platform marketplace.

Ditambahkannya, dalam melakukan analisis data, hal yang paling penting adalah melihat sumber data tersebut apakah terpercaya dan akurat. Kedua, mengerti makna data tersebut dan keterbatasannya.

Cerita
Sementara Head of Research GO-JEK Ramda Yanurzha mengatakan bagi GO-JEK, setiap transaksi merupakan cerita.

"Bagaimana mengubah ribuan gigabyte data perhari menjadi sebuah cerita, itulah inti data journalism. Menganalisis data secara cepat dan murah melalui teknologi menjadi salah satu strategi kami. Salah satu contohnya, ketika kita ingin mencari tahu berapa menu nasi yang dipesan dalam beberapa bulan terakhir, GO-JEK dapat mengolah bergiga-giga data dalam hitungan detik," katanya.

Di GO-JEK, data yang dimiliki tidak serta-merta langsung dapat digunakan. GO-JEK memiliki berbagai macam tools untuk menggali cerita-cerita ini, salah satunya dengan visualisasi data. 

GO-JEK melihat potensi data startup dapat dilakukan untuk pengambilan kebijakan Pemerintah. Startup dapat membuka pintu-pintu baru yang selama ini dibatasi cara-cara konvensional. "Saat ini GO-JEK menilai pemerintah sedang menuju kepada pengambilan kebijakan berbasis data. Kedepannya GO-JEK akan tetap terus publikasi data secara berkala," katanya.

Penilaian Investor
Lebih lanjut Inna mengungkapkan dari segi dunia startup, indikator yang dinilai sangat tergantung dari life cycle sebuah startup. Sebagai gambaran, saat di fase awal umumnya jumlah download menjadi indikator penting yang dilihat investor terhadap suatu aplikasi.

Namun seiring dengan pertumbuhan organisasi, seberapa sering aplikasi tersebut dipakai menjadi salah satu indikator yang tidak kalah penting untuk diketahui.

Biasanya 7 Metrik yang biasa dipantau investor antara lain:

1.    Visitors - Jumlah Pengunjung
Menunjukkan banyaknya jumlah pengunjung suatu website terlepas dari frekuensi kunjungan. Pengunjung atau browser akan meninggalkan jejak saat berkunjung ke website, yang dijadikan dasar perhitungan

2.    Visits/Sessions - Jumlah Kunjungan
Merepresentasikan berapa kali orang mengunjungi website/aplikasi, metrik ini dapat menggambarkan popularitas website/aplikasi.

3.    Bounce Rate
Kualitas kunjungan dapat berbeda-beda bagi tiap pengguna. Bounce rate dapat menunjukkan bahwa pengunjung tidak menemukan apa yang mereka cari dan memutuskan untuk pergi, seperti ketika membuka dari pop-up ads dan langsung menutup halaman tersebut.

4.    Average Visit/Session Duration - Rata-rata Waktu Kunjungan
Rata-rata waktu yang dihabiskan seorang pengguna per kunjungan. Semakin konten website tersebut tidak relevan, maka waktu kunjungan visitors juga tidak akan lama

5.    Traffic Sources - Asal Traffic
Terdiri dari tiga jenis, yaitu direct visitor, yaitu pengguna secara sadar mengetik URL website tersebut, kemudian search visitor, yaitu pengguna menemukan website melalui search engine, dan terakhir yaitu referral visitors yang berasal dari blog, iklan, dan sumber lainnya

6.    App Downloads - Jumlah Download
Jumlah download dapat dijadikan indikator apakah pemasaran sebuah aplikasi berhasil. Akan tetapi jumlah download yang tinggi belum tentu menunjukkan kualitas dari suatu aplikasi, karena terdapat kasus dimana pengguna dapat serta merta langsung melakukan uninstall pada aplikasi tersebut.

7.    App Active Users - Jumlah User Aktif
Untuk melihat kualitas download, perusahaan dapat melihat jumlah pengguna (user) aktif yang menggunakan aplikasi tersebut. Pengguna aktif dapat dihitung per hari (Daily Active User) atau per bulan (Monthly Active User).(ak)

telkom xsight
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
telkom solution travel