blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Smartphone Digicoop ingin rangkul semua aplikasi lokal

09:31:30 | 18 Jan 2017
Smartphone Digicoop ingin rangkul semua aplikasi lokal
Menkominfo Rudiantara menunjukkan smartphone Digicoop belum lama ini.(Foto:Koperasi Digital)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Smartphone Digicoop yang tengah masuk proses produksi ingin merangkul semua aplikasi lokal untuk menegakkan kedaulatan digital di Indonesia

“Kita terbuka kerjasama dengan semua aplikasi lokal, apalagi yang sahamnya dikuasai rakyat Indonesia sendiri. Kalau sekarang isinya masih aplikasi dari koperasi digital (Digicoop),” ungkap Ketua Koperasi Digital Indonesia Mandiri Henri Kasyfi Soemartono kepada IndoTelko, dalam pesan singkat, Rabu (18/1).

Diungkapkannya, saat ini aplikasi yang sudah tersedia dari koperasi digital adalah  Coop browser, coop mail, coop cloud, coop messenger, yang ada di Digicoop appstore.

“Kita pada 20 Januari 2017 akan lihat pabrik bersama Menkomminfo Rudiantara. Sekitar Februari nanti anggota koperasi akan bisa dapatkan smartphone digicoop dengan dengan nabung Rp 1.3juta di koperasi digital,” tutupnya.

Asal tahu saja, smartphone yang dirancang secara lokal dan diproduksi di dalam negeri mulai memasuki tahap produksi di pabrik perakitan elektronik dalam negeri di Cikarang.

Melalui skema pendanaan inovasi perguruan tinggi di industri, Kemenristekdikti pada tahun 2016 memberikan pendanaan kepada Institut Teknologi Bandung untuk mengembangkan dan menghilirisasikan smartphone 4G. Fitur-fitur smartphone yang antara lain : SMS, Browsing, VOIP Call dan streaming yotube telah berhasil diuji coba dan model smartphone ini juga telah mendapatkan sertifikasi TKDN di akhir 2016.

Produksi massal smartphone kerja sama antara ITB, PT. Jalawave Integra, PT. VS Technology Indonesia, PT TSM, dimana akan dilakukan pembuatan ribuan unit smartphone setiap bulannya yang produksinya akan dilakukan di Cikarang.

Smartphone ini juga dirancang untuk menjadi platform ekonomi digital berbasis kerakayatan dimana semua pendapatan digital yang terjadi akan dikembalikan ke pengguna (anggota koperasi) dalam bentuk manfaat (penggunaan smartphone secara grartis) maupun dalam bentuk finansial yang dapat digunakan untuk berbagai hal seperti misalnya pembelian pulsa juga dalam bentuk pembagian keuntungan koperasi (SHU) di setiap akhir tahun. (id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma