blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

PAS, senjata RPX di era VUCA

10:19:17 | 20 Jul 2018
PAS, senjata RPX di era VUCA
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Kehidupan manusia berubah semakin dinamis seiring dengan perkembangan teknologi. Hal tersebut secara tidak langsung mengubah pola manusia beraktivitas yang pada akhirnya memberikan dampak pada industri.

Salah satu industri yang tak luput dari dampak perkembangan ini adalah industri logistik. Teknologi dalam bisnis memiliki keterkaitan dengan efisiensi serta efektivitas terutama bagi industri logistik yang mengutamakan kemudahan dan efisiensi bagi pelanggan.

Sebagai pionir pengiriman logistik terpadu (One Stop Logistics) RPX menyadari bahwa pada era volatile, uncertain, complex and ambiguous (VUCA) saat ini, pelanggan memegang peranan penuh khususnya dalam hal pengiriman. Perubahan ini mulai terasa ketika munculnya e-commerce kedalam ranah industri digital diikuti dengan peningkatan pada setiap tahunnya. Oleh karena itu RPX melakukan pendekatan yang berbeda melalui Paket Ambil Suka-suka (PAS).

“Keadaannya sudah berbeda, penyedia jasa logistik tidak lagi memegang peranan penuh dalam pengiriman melainkan pelanggan yang memegang peranan tersebut. Merujuk pada Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) saat ini perusahaan logistik menganut human centric tidak lagi box centric dimana, mayoritas yang dikirim bukan lagi paket tetapi produk. Sehingga, penyedia jasa logistik dituntut untuk dapat memberikan kemudahan dan fleksibilitas pengiriman. PAS dari RPX merupakan pilihan tepat karena pelanggan dapat mengambil paket sesuai waktu dan lokasi yang diinginkan” ujar General Manager E-Commerce RPX Group Albert David Palit dalam keterangan, kemarin.

Paket Ambil Suka-suka (PAS) dari RPX menjadi pilihan tepat pagi para millenials ataupun para pelanggan dari beberapa eCommerce diantaranya Zalora dan Matahari Mall.

PAS adalah layanan mandiri melalui lokasi pengambilan paket (self-service Package Pick up Point) dirancang khusus bagi pelanggan, memberikan kemudahan jasa pengantaran paket pertama di Indonesia yang dapat dilayani melalui toko Indomaret dan outlet rekanan. Hadirnya PAS dari RPX adalah bentuk dukungan perkembangan e-commerce yang saat ini membutuhkan banyak terobosan baru sesuai pertumbuhan pasar.

PAS diharapkan mampu menyediakan pilihan layanan yang lebih fleksibel bagi pelanggan, dapat diambil kapan saja dan di gerai/ outlet mitra RPX mana saja.  

RPX juga memberikan pelayanan jasa pengiriman terintegrasi yang memudahkan para pelaku bisnis. Konsep One Stop Logistics menawarkan kemudahan bagi mereka yang memiliki bisnis contohnya e-commerce melalui layanan cross border, custom clearance, contract logistic, sampai dengan last mile delivery.

Tidak sampai disitu, RPX melengkapi pelayanan yang diberikan memalui smartphone dengan aplikasi RPX Mobile. Dilengkapi fitur—fitur canggih untuk memberikan kemudahan pada pelanggan di era digitalisasi saat ini. Berbagai fitur tersebut meliputi RPX Nearby (cari tahu lokasi RPX terdekat), Ship Now (proses pengiriman paket), My Shipment” & Courier Profile (lacak status pengiriman), Real Time Notification (cek informasi pengiriman paket), Check Rates (cek tarif pengiriman), Express Services (pilih layanan pengiriman paket), dan RPX Update (mendapatkan promo layanan RPX).

Telin
Menurut Albert Palit, masyarakat saat ini khususnya milenial mahir dalam teknologi (tech savvy)  dimana selalu mengandalkan gadget dalam mendukung mayoritas aktivitas sehari-hari. Hadirnya ekosistem digital telah membentuk siklus serba mudah, salah satunya dengan bantuan aplikasi.

RPX Mobile juga dilengkapi dengan RPX Wallet sebagai bentuk dukungan gaya hidup modern yang mengusung pembayaran tanpa tunai atau cashless. Fitur ini menawarkan beberapa pilihan  metode pembayaran seperti Cash On Delivery (COD) dan Reimbursement On Delivery (ROD) khusus untuk pelanggan pengiriman internasional, aplikasi ini juga menyediakan sarana pembayaran pajak bea masuk (duty tax) tanpa harus membayar tunai.(wn) 

Tcash Merdeka
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
Smartfren Unlimited 4G
telkom sigma
Kerjasama CSI