blanja 2019
telkomsel halo

Satelit HTS akan layani 149.400 titik di seluruh Indonesia

09:12:53 | 17 Jan 2019
Satelit HTS akan layani 149.400 titik di seluruh Indonesia
telkomsat
 

SINGAPURA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan satelit multifungsi yang akan dimilikinya akan melayani 149.400 titik di seluruh Indonesia.

"Untuk menghubungkan seluruh sekolah, kantor pemerintah, kantor administrasi polisi dan militer, rumah sakit di Indonesia yang tidak memiliki konektivitas, satelit adalah satu-satunya teknologi akses yang layak untuk menangani lokasi-lokasi terpencil ini dengan biaya yang efektif," jelas Menkominfo Rudiantara dalam Forum Public Private Partnership (PPP) Day yang digelar Financial Times Live di Singapura, Selasa (15/1) seperti disiarkan laman Kominfo.

Satelit multifungsi atau dikenal High Throughput Satellite (HTS) akan terhubung dengan internet kecepatan tinggi 150 Gbps.  Ada 18.500 titik di Papua dan Maluku, kemudian di Bali dan Nusa Tenggara ada 13.900 titik, Sulawesi 23.900 titik dan Kalimantan 19.300 titik. Sementara di Pulau Jawa 19.400 titik dan Sumatera 54.400 titik. Total 149.400 lokasi layanan satelit multifungsi.

"Saya membuka peluang untuk berinvestasi dalam layanan satelit ini," katanya. 

Proyek satelit multifungsi dalam website kpbu.djppr.kemenkeu.go.id dinyatakan memiliki nilai belanja modal Rp6,688 triliun dengan total beban operasional Rp1,159 triliun.

Lingkup pengadaan dari proyek satelit multifungsi adalah Pengadaan Satelit, Peluncuran Satelit, meliputi Penyiapan Roket Peluncur, Pengiriman dan Penyimpanan Satelit dan Roket Peluncur, dan Pengadaan Asuransi Peluncuran.

Berikutnnya, Pembangunan Stasiun Pengendali (Bumi), Pengoperasian Satelit dan Stasiun Pengendali (Bumi), dan Perawatan Satelit dan Stasiun Pengendali (Bumi).

Pada akhir masa kerjasama, Pengalihan Aset dan Proses “Membuang” Satelit dan Lokasi Orbitnya (de-orbit).

Hasil Prakualifikasi dari lelang yang diumumkan pada 3 September 2018 menyisakan beberapa perusahaan sebagai calon pemenang yaitu:

1. Eutelsat, S.A.
2. Konsorsium BAKTI UNTUK NEGERI
3. Konsorsium Dharma Bakti
4. Konsorsium Indosat Lintasarta JSAT Teleglobal
5. Konsorsium PSN
6. Konsorsium PT Satelit Multimedia Indonesia – APT Satellite Company Limited
7. Viasat, Inc.

Angkasa Pura 2
Lelang ini dibantu konsultan PT SMI dan Deloitte, Ang Law Firm.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma