telkomsel halo

Peran Operator Tak Maksimal di Branchless Banking

13:00:06 | 25 Nov 2014
Peran Operator Tak Maksimal di Branchless Banking
Ilustrasi (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Harapan operator telekomunikasi bisa berperan maksimal di Layanan Keuangan Digital (LKD) dengan Branchless Banking tak bisa terwujud.

Pasalnya, dalam aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) lebih memaksimalkan peran dari perbankan di branchless banking.

“Untuk aturan Laku Pandai peran operator hanya memberikan konektifitas saja, sama dengan mobile banking. Kita menghubungkan nasabah bank dengan nasabahnya  menggunakan jaringan operator. Singkatnya, hanya sebagai pipa penghubung (dumb pipe),” keluh Vice President Digital Service Delivery XL Yessie D. Yosetya kepada IndoTelko, kemarin.

Diungkapaknnya, dalam aturan itu perbankan memegang peranan strategis menyelenggarakan branchless banking dimana  data pelanggan dan  tata kelola keuangan bersama bank, termasuk fee transaksi.    

“Di aturan itu jelas disebutkan jenis layanan keuangan yang dapat disediakan oleh perbankan melalui bantuan keagenan adalah tabungan dasar atau basic saving account (BSA), pembiayaan mikro dan asuransi mikro,” katanya.

Gandeng Mandiri
Lebih lanjut Yessie mengungkapkan tengah menunggu aturan dari Bank Indonesia untuk menggelar LKD bersama Bank Mandiri dengan Telkomsel dan Indosat yang sudah lama tertunda. “Kita tunggu lampu hijau dari BI dulu,” katanya.

Secara terpisah, Vice President Payment & Banking Telkomsel Raden Andi Kartiko Utomo dan  Division Head Business Support Management Indosat Kanton Kulaga mengakui akan menggelar LKD bersama Mandiri. “Tunggu saja tanggal mainnya,” kata keduanya ketika dihubungi secara terpisah.

Sekadar mengingatkan, tadinya operator telekomunikasi mengharapkan bisa memaksimalkan agen yang dimilikinya untuk menggelar branchless banking. Apalagi, jaringan ritel operator sudah menembus pedesaan.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI