blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Oracle bantu transformasi bisnis di Kalla Group

06:05:40 | 07 Jun 2018
Oracle bantu transformasi bisnis di Kalla Group
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Kalla Group memanfaatkan solusi dari Oracle untuk membantu tranasformasi bisnis yang tengah dijalankannya.

“Perusahaan kami telah ada selama beberapa dekade, tetapi kami bahkan tidak akan mempertimbangkan cloud saat itu. Namun, waktu telah berubah dan sikap itu telah jelas berubah,” ungkap Wakil Presiden Direktur, Kalla Group Disa Novianti dalam keterangan, kemarin.

Diceritakannya, peran SDM dan keuangan selalu terkait- sejak saat SDM masih dirujuk sebagai "Personalia".

Kecenderungan baru yang muncul dalam bisnis yang menggabungkan fungsi keuangan dan SDM mulai masuk akal. CFO diminta untuk mengambil peran yang lebih aktif dalam menentukan strategi bisnis, yang mana membutuhkan pemahaman yang kuat tentang kebutuhan bakat dan sumber daya perusahaan.

Para pemimpin SDM membutuhkan pandangan yang jelas tentang anggaran masing-masing tim, prioritas dan kapabilitas strategis jika mereka ingin merekrut dan mempertahankan talenta yang tepat. Dengan demikian para profesional di bidang keuangan dan SDM memiliki beberapa keterampilan yang mereka butuhkan, seperti manajemen waktu, kemampuan belajar aktif, pemecahan masalah, penalaran matematika, dan keterampilan analitis.

Memanfaatkan kekuatan dari platform tunggal untuk mengakses satu sumber data sangat bermanfaat bagi fungsi SDM dan Keuangan, memungkinkan mereka untuk memprediksi seperti apa tampilan organisasi mereka di masa depan, hari ini dan menyelesaikan masalah dengan lebih cepat - atau bahkan sebelum masalah terjadi.

Dalam survei, 36% responden menyebutkan peningkatan keamanan sebagai salah satu tujuan utama mereka dalam memindahkan fungsi Keuangan dan SDM ke cloud. Hal ini sejalan dengan salah satu alasan Kalla Group di balik migrasi cloud mereka, yaitu untuk mencegah penipuan terjadi secara internal dan eksternal.

Sebagai sebuah perusahaan besar yang memiliki sepuluh anak perusahaan di Indonesia, Kalla Group menemukan kesulitan untuk mengumpulkan data komprehensif secara cepat dari seluruh anak perusahaannya, sehingga menghambat pengambilan keputusan.

Dengan penyatuan SDM dan keuangan sebagai pijakan awal, ini memberikan wawasan yang cukup bagi perusahaan untuk memperkirakan manfaat penerapan sistem terpadu di seluruh fungsi back-office. Sebagai contoh, Oracle HCM cloud mampu memberikan akses informasi secara terus-menerus, lancar, dan real-time melalui mekanisme self-service yang memberdayakan karyawan di seluruh bisnis, memperkuat pengambilan keputusan dan meningkatkan kelincahan.

Dikombinasikan dengan kekuatan Oracle ERP Cloud, yang mencakup semua aspek analitis dan back end, sehingga membentuk kemitraan yang kuat antara SDM dan keuangan. Potensi terobosan cloud menjadi jelas ketika perusahaan mengambil pendekatan teratur dan penuh pertimbangan untuk membentuk transisi yang mulus.

“Kami memilih Oracle sebagai penyedia cloud kami karena reputasi luar bisa yang dimiliki oleh Oracle sebagai mitra serta rangkaian solusi bisnis lengkap yang dibangun untuk cloud,” kata   Direktur Kalla Group Solihin Jusuf Kalla.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma