telkomsel halo
finnet KTM

Kolom Opini

Menimbang pendekatan platform untuk transformasi digital

08:14:01 | 20 Apr 2018
Menimbang pendekatan platform untuk transformasi digital
Vice President Software AG Asia Anneliese Schulz.(ist)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
Transformasi digital berjalan lancar di semua sektor. Hal tersebut dikarenakan transformasi digital memungkinkan bisnis untuk menciptakan sumber pendapatan baru, mengubah model bisnis mereka, dan tetap aktif menjalankan bisnisnya.

Menurut A.T. Kearney, adopsi produk dan layanan digital di Asia Tenggara diperkirakan akan berkontribusi hingga $1 triliun pada PDB daerah pada tahun 2025 - dengan perusahaan, termasuk lembaga keuangan yang berinvestasi dalam solusi teknologi strategis untuk memperluas jangkauan dan akuisisi konsumen serta meningkatkan operasi secara keseluruhan.

Walaupun transformasi digital dalam organisasi menjadi semakin diminati, namun banyak perusahaan – yang ingin memodernisasikan sistem dan proses mereka, mengalami tantangan yang mendasar: Inisiatif transformasi digital yang mereka aplikasikan tidak dapat benar-benar menghasilkan transformasi secara menyeluruh di perusahaan.

The Digital Deadlock
Perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik yang tanggap merangkul proyek-proyek transformasi digital yang tidak saling terhubung (siloed) kini ditantang untuk memperluas inisiatifnya di seluruh perusahaan untuk hasil-hasil yang transformasional.

Hal ini dikemukakan oleh studi dari IDC yang mengungkapkan bahwa 62% perusahaan di Asia Pasifik saat ini 'terhenti secara digital' karena manajemen perubahan yang tidak efektif, sistem yang tidak saling terhubung, dan metrik yang usang untuk mengukur keberhasilan transformasi digital.

Di luar Asia, yang bahkan lebih mengkhawatirkan adalah prediksi IDC bahwa 70% dari semua inisiatif transformasi digital yang tidak saling terhubung di seluruh dunia pada akhirnya akan gagal di tahun 2018.

Seringkali inisiatif transformasi digital yang tidak saling terhubung ini lahir dari ketertarikan perusahaan terhadap teknologi-teknologi individual seperti Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI) yang hasilnya, menyebarkan solusi yang juga individualis, tanpa arah maupun pemahaman tentang manfaat bisnis yang jelas yang mampu mereka berikan.

Namun, untuk memimpin transformasi ekonomi digital saat ini diperlukan kemampuan untuk mengukur tindakan serta berinovasi lebih cepat dibandingkan dengan  bisnis tradisional. Perusahaan yang terus mengadopsi proyek transformasi digital yang siloed hanya akan berkompetisi untuk kepingan-kepingan ekonomi.

Mengatasi Kebuntuan
Memecahkan kebuntuan digital sekarang penting untuk berkembangnya ekonomi digital di Asia Pasifik. Kebutuhan ini mengatasi ketiadaan arsitektur teknologi yang tepat untuk mempercepat kapabilitas baru dan secara bersamaan memodernisasi lingkungan peninggalan TI.

Modernisasi ini diharapkan dapat menjadi kontributor yang mampu mencapai sasaran transformasi digital yang menyeluruh.

Organisasi sekarang harus membuat langkah evolusioner yang penting dalam menanamkan inovasi ke dalam skala dan luasnya lingkungan perusahaan, serta mengintegrasikan teknologi digital yang baru ke dalam layanan bisnis yang stabil. Menyadari hal ini, semakin banyak perusahaan di Asia Pasifik mulai mengadopsi platform transformasi digital untuk menjadi lebih inovatif, gesit, terhubung, dan efisien.

Potensi platform transformasi digital diyakini membantu perusahaan menjadi pemenang di masa depan, tidak mengherankan kemudian jumlah perusahaan yang mengimplementasikan strategi platform transformasi digital diperkirakan akan meningkat lebih dari dua kali lipat mencapai 60% perusahaan pada tahun 2020, menurut IDC.

Tidak seperti generasi sebelumnya dari platform perangkat lunak dan perangkat keras, platform transformasi digital saat ini memungkinkan perusahaan membangun berbagai model bisnis yang berjalan secara bersamaan dan - bahkan lebih baik - berinteraksi satu sama lain.

Platform transformasi digital ini, secara eksternal, memungkinkan akselerasi penciptaan  produk, layanan, dan pengalaman digital, sementara secara internal dengan agresif memodernisasi lingkungan TI untuk menjadi dasar yang cerdas. Hal ini menciptakan perusahaan yang berbasis pengetahuan, konsumen-sentris memiliki keunggulan kompetitif atas perusahaan lain yang masih berjuang dengan transformasi digital.

Sebagai arsitektur teknologi masa depan yang mempercepat inisiatif transformasi digital perusahaan, platform transformasi digital menciptakan jaringan, atau ekosistem, pelanggan terhubung, mitra, dan pemasok menggunakan informasi dan layanan yang tersedia.

Singkatnya, ini memungkinkan data di beberapa aliran data dan elemen ekosistem yang berbeda dapat dimanfaatkan oleh organisasi, baik untuk meningkatkan proses internal atau diubah menjadi tindakan dalam keterlibatan ekosistem.

Memikirkan Sistem  
Meskipun platform digital akan menjadi pondasi teknologi yang akan membantu mendorong transformasi digital, perusahaan perlu menciptakan strategi yang layak untuk memastikan proyek transformasi digital mereka tidak memakan biaya dan waktu yang lama.

Artinya adalah daripada mengambil pendekatan rip-and-replace, perusahaan harus memanfaatkan sistem yang berharga yang sudah ada untuk mencapai jalur tercepat dan tidak memakan biaya untuk transformasi digital. Solusi platform digital yang efektif bertindak sebagai lapisan teknologi yang dapat beradaptasi yang cocok dengan lanskap TI yang ada, sehingga menyederhanakan dan mempercepat perjalanan transformasi digital.

Dengan 75% dari perusahaan regional diprediksi untuk mencapai tahap paling canggih dari kematangan transformasi digital pada tahun 2027, menjadi perusahaan digital tidak lagi akan mempertahankan keunggulan kompetitif, atau paritas, tetapi tentang bertahan di tengah ekonomi digital.

Telin
Terlebih lagi, untuk muncul sebagai pemenang digital, perusahaan perlu menerapkan arsitektur teknologi yang tepat untuk mempercepat kapabilitas baru sambil memodernisasi lingkungan peninggalan TI.(*)

Ditulis oleh, Anneliese Schulz, Vice President Software AG Asia

Tcash Merdeka
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI