telkomsel halo
finnet KTM

Menguak kiat XL Home menggoyang IndiHome

12:40:00 | 06 Dec 2018
Menguak kiat XL Home menggoyang IndiHome
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT XL Axiata Tbk (XL) ingin menunjukkan keseriusannya menggarap potensi pasar triple play di tanah air melalui produk XL Home.

Layanan yang mengandalkan jaringan fixed broadband ini tengah disiapkan oleh anak usaha Axiata itu menjadi penantang penguasa pasar layanan triple play, IndiHome, yang dikelola Telkom.

Selain IndiHome, pemain lain yang meramaikan pasar triple play adalah First Media (2,1 juta pelanggan) dan IM2 dengan 300.000 pelanggan

Dalam info memo laporan keuangan Telkom dinyatakan hingga September 2018, layanan IndiHome telah memiliki 4,7 juta pelanggan dimana 52% diantaranya berlangganan IndiHome Triple Play.

Layanan IndiHome hingga September 2018 menghasilkan pendapatan Rp9 triliun naik 57,7% dibandingkan periode sama 2017 dengan Earning Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA) marjin 26%. Average reveneu per user (ARPU) dari layanan ini di kuartal III 2018 sebesar Rp258 ribu naik dari Rp251 ribu di kuartal II 2018.

Lantas bagaimana XL Home akan menggoyang IndiHome? XL Axiata memperkaya manfaat layanan dengan menggandeng penyedia layanan hiburan internet terkemuka di dunia, Netflix. Langkah ini termasuk unik, karena IndiHome masih memblokir Netflix di jaringannya.

Direktur Corporate Strategy & Business Development XL Axiata, Abhijit Navalekar menambahkan layanan XL Home bertambahnya jangkauan ke 5 kota baru selain area Bodetabek.

Kota-kota baru tersebut adalah Jakarta, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, dan Makassar.

"Dengan dua langkah strategis ini, XL Axiata berharap, semakin banyak manfaat yang bisa dinikmati oleh pelanggan dari XL Home, sekaligus semakin luas masyarakat Indonesia termasuk pelanggan XL Axiata yang akan bisa memanfaatkan layanan internet super cepat dan stabil untuk di rumah," katanya kemarin.

Diharapkannya dengan dua strategi itu XL Home bisa menjadi operator internet kabel nomor 2 atau nomor 3 di Indonesia.   

Director Business Development Netflix Gaurav Pradhan mengatakan sangat senang dapat bekerja sama dengan XL Axiata untuk XL Home dan mempermudah penggemar hiburan di Indonesia untuk mengakses layanannya.

"Masyarakat Indonesia kini dapat lebih mudah menikmati koleksi film, serial TV, film dokumenter, serta acara keluarga dan anak berkualitas tinggi dari berbagai negara di kenyamanan ruang tamu mereka sendiri," katanya.

Abhijit Navalekar menambahkan, perluasan wilayah jangkauan memang sudah menjadi rencana pengembangan XL Home. Bahkan, perluasan ini juga tidak akan berhenti di 5 kota saja.

Rencana pengembangan tahap selanjutnya sudah ditetapkan. Pengembangan wilayah jangkauan ini merupakan respon atas terus meningkatnya minat masyarakat untuk bisa mendapatkan layanan internet yang lebih cepat dan stabil melalui fiber broadband.

Jakarta, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, dan Makassar merupakan kota-kota dengan permintaan yang tinggi untuk layanan yang dimaksud.

Ada tiga variasi paket, yang ditawarkan oleh XL HOME, yaitu paket Family dengan harga Rp349 ribu, paket Super User dengan harga Rp499 ribu, dan paket Ultimate dengan harga Rp999 ribu, dengan kecepatan mulai dari 100Mbps hingga 500Mbps, tanpa batas. 

XL Axiata menargetkan XL Home akan memiliki 500 ribu home passed pada 2019.(tp)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma