telkomsel halo
finnet KTM

Kolom Opini

Membuat penelitian yang bernilai bisnis

09:37:00 | 16 Nov 2018
Membuat penelitian yang bernilai bisnis
telkomtelstra januari - maret
Fortinet berhasil melewati tonggak inovasi baru-baru ini. Setidaknya lebih dari 500 paten diberikan kepada Fortinet oleh Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat, dan masih ada 240 hak paten lainnya yang tertunda. 

Paten yang dikeluarkan menjangkau berbagai teknologi keamanan siber, termasuk IoT (Internet of Things), OT (Teknologi Operasional), keamanan jaringan dan cloud. Semua paten ini ditujukan untuk membantu pelanggan kami tetap berada di depan lanskap ancaman yang terus berkembang.

Dengan volume besar paten yang terakumulasi selama dua dekade, Fortinet benar-benar memimpin bidang ini dalam inovasi keamanan siber. Saya percaya salah satu yang membuat kami ada di posisi ini karena kami telah melakukan beberapa hal penting di departemen penelitian.

Departemen riset adalah departemen yang cukup unik di dalam perusahaan teknologi. Departemen ini tidak seperti kebanyakan departemen lain, tujuan dari departemen ini dapat kabur atau tidak jelas. Waktu dan sumber daya yang diinvestasikan ke dalam pekerjaan departemen juga mungkin tidak melihat output yang sepadan dalam waktu dekat. 

Pekerjaan departemen membawa tingkat ketidakpastian yang cukup tinggi, dan hasil akhir proyeknya dapat berbeda secara substansial dari apa yang diharapkan di awal. Seringkali, hal itu bahkan tidak jelas sejak permulaan, bagaimana proyek penelitian tertentu akan memiliki potensi untuk menciptakan aliran pendapatan baru, atau mempengaruhi produk atau layanan yang ada. Namun, jika sebuah perusahaan tidak mengambil langkah keyakinan ini untuk berinvestasi dalam penelitian dari waktu ke waktu, ia tidak akan pernah dapat menikmati buah dari inovasi.

Sebuah perusahaan juga dapat mengambil pesan dalam kenyataan bahwa meskipun tidak setiap proyek penelitian akan menghasilkan produk atau layanan yang segera dapat dipasarkan, riset yang dikelola dengan baik jarang terbuang. Ada nilai dalam keterampilan yang diambil oleh para peneliti selama proses penelitian. Membangun tim, membuat makalah akademis dan pengakuan rekan - semua ini merupakan persiapan yang solid untuk proyek penelitian berikutnya, yang dapat menghasilkan peningkatan bisnis.

Berikut ini beberapa praktik terbaik saat terlibat dalam penelitian:

1. Biarkan dan bahkan dorong para peneliti untuk gagal. Jika Anda tidak melakukan itu, iklim di mana orang menjadi takut akan kegagalan dapat terbentuk, dan itu berarti Anda telah mengutuk diri sendiri untuk hanya membuat taruhan yang aman - dan kemungkinan besar biasa-biasa saja. Konservatisme seperti itu mematikan bagi upaya inovasi.

2. Tetapkan hubungan yang jelas antara penelitian dan hasil / laba bisnis.Tidak seperti peneliti akademis, peneliti komersial tidak bisa hanya menulis dan menerbitkan makalah. Mereka harus tetap dekat dengan persyaratan bisnis, dan responsif terhadap kebutuhan penerapan kehidupan nyata. Menerjemahkan temuan penelitian ke dalam solusi nyata yang mendatangkan pendapatan bagi bisnis sangat penting.

3. Belajar mengenali titik-titik infleksi.Sebuah proyek penelitian akan bergerak melalui fase yang berbeda. Mengenali dan mengelola transisi-transisi ini - yang dapat membutuhkan sumber daya tambahan atau bimbingan pada titik-titik yang berbeda - adalah kunci menuju kesuksesan.

4. Tip lain yang perlu diingat adalah menggunakan bakat-bakat muda secara liberal, dan memiliki rencana yang matang untuk merapikan mereka. Departemen penelitian adalah lahan subur bagi bakat muda untuk berkembang. Dalam pengalaman saya, proyek yang paling sukses biasanya melibatkan satu atau dua orang senior dengan partisipasi dari beberapa peneliti pemula. Model seperti itu juga memberi para peneliti muda peluang untuk tumbuh dan matang. Akhirnya, mereka akan dapat melakukan penelitian independen, memberikan perusahaan produk-produk inovatif yang mereka dambakan, sambil mengisi pipa para pemimpin penelitian masa depan.

5. Terakhir, ketika Anda merasa Anda telah mencapai ujung akal Anda dan ingin menyerah, pertimbangkan untuk tetap mengikuti kursus.Kesabaran dan ketekunan memiliki korelasi yang kuat dengan keberhasilan penelitian.Kadang-kadang, dibutuhkan waktu yang lama dan banyak usaha yang didedikasikan sebelum hasil yang benar-benar inovatif diperoleh.

Ingat bahwa penelitian adalah investasi jangka panjang. Ini tidak dapat diukur dengan pendapatan kuartalan, tetapi jika dilakukan dengan benar, penelitian yang menarik dapat memberikan keuntungan yang tak tergoyahkan kepada perusahaan teknologi, membangun parit yang akan sulit dijangkau pesaing. Ini bisa menempatkan bisnis Anda dalam posisi nomor 1 yang berkelanjutan di pasar.

Penelitian adalah bahan dasar untuk sukses dalam industri teknologi. Bermimpilah besar, bekerja keras dan gigih, dan Anda dapat menaklukkan dunia.(*)

Ditulis oleh Michael Xie, Founder, President and CTO

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma