telkomsel halo
finnet KTM

KPI diminta lebih efektif awasi konten siaran

10:42:09 | 04 Sep 2018
KPI diminta lebih efektif awasi konten siaran
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengharapkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) lebih efektif dalam melaksanakan pengawasan dan pengendalian konten siaran.  

Hal itu berkaitan dengan adanya janji lembaga penyiaran untuk menyiapkan dan menyiarkan konten-konten tertentu.

“Pengendali dan pengawasan konten ada di KPI. Kita berharap KPI bisa lebih efektif. Kalau kita lihat ruang pemantauan siaran, prosesnya sudah baru, walaupun perangkatnya kelihatan masih lama yang digunakan,” katanya, kemarin.

Menurutnya, salah satu indikator efektifitas kinerja KPI ditunjukkan dengan pengambilan keputusan yang jauh lebih cepat. “Sebagai contoh proses untuk mendapatkan informasi bagi komisioner rapat mengambil keputusannya itu bisa dalam 1 x 24 jam, tadinya proses sebelumnya dalam 4 hari,” ungkap Rudiantara.

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Al Masyhari menilai kinerja KPI sudah lumayan baik dibandingkan sebelumnya. “Kinerjanya sudah lumayan baik dari sebelumnya. paling tidak sudah lebih responsif hanya butuh waktu singkat untuk bisa ambil keputusan itu yang penting,” katanya.

Menurut Kharis Al Masyhari, bagi stasiun TV dan Lembaga penyiaran yang dibutuhkan adalah kecepatan. “Kalau memang ada salah koreksinya lebih cepat, jangan sudah agak lama baru ada teguran sementara siaran sudah berlangsung. Kinerja seperti ini yang kita harapkan Mungkin time lag nya diperpendek lagi bisa lebih cepat dari 24 jam,” paparnya.

Telin
Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis menyatakan KPI menggunakan peralatan baru melakukan pemantauan terhadap siaran 15 stasiun televisi berjaringan, 15 provider lembaga penyiaran berlangganan (LPB), dan 25 radio berjaringan.

“Ada yang menarik dulu butuh proses panjang jika ada sanksi terhadap penyiaran, sekarang dengan teknologi baru bisa ketahui indikasi pasal-pasal yang dikenakan dalam waktu 1x 24 jam. Tahun depan pesta demokrasi akan menjadi catatan penting, media penyiaran jadi barometer informasi dan bagaimana penyiaran bisa jadi tetap suri tauladan bagi publik,” kata Yuliandre.(ak)

Tcash Merdeka
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI